Jumaat, 11 Mac 2016

Ramuan Daun Sendok

Posted: 11 Mar 2016 04:20 AM PST
Ngopo.com - Daun Sendok bahasa latinnya adalah Plantago mayor linn. Daun Sendok merupakan gulma di perkebunan teh dan karet, atau tumbuh liar di hutan, ladang, dan halaman berumput yang agak lembap, kadang ditanam dalam pot sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan ini berasal dari daratan Asia dan Eropa, dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 3. 300 m di atas permukaan laut.

Tumbuhan ini tersebar luas di dunia dan telah dikenal sejak dahulu kala serta merupakan salah satu dari 9 tumbuhan obat yang dianggap sakral di Anglo Saxon. Terna menahun, tumbuh tegak, tinggi 15-20 cm.

Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar. Bentuk daun bundar telur sampai lanset melebar, tepi rata atau bergerigi kasar tidak teratur, permukaan licin atau sedikit berambut, pertulangan melengkung, panjang 5-10 cm, lebar 4-9 cm, warnanya hijau. Perbungaan majemuk tersusun dalam bulir yang panjangnya sekitar 30 cm, kecil-kecil, warna putih. Buah lonjong atau bulat telur, berisi 2-4 biji berwarna hitam dan keriput. Daun muda bisa dimasak sebagai sayuran Perbanyakan dengan biji.


Orang Sunda menyebut Daun Sendok dengan sebutan ki urat, ceuli. Sedangkan meloh kiloh, otot-ototan, sangkabuah, sangkabuah, sangkuah, sembung otot, suri pandak (Jawa). daun urat, daun urat-urat, daun sendok, ekor angin, kuping menjangan, (Sumatera), torongoat (Minahasa), che qian cao (Cina), ma de, xa tien (Vietnam), weegbree (Belanda), plantain, broadleaf plantain, rat's tail plantain, waybread, white man's foot (Inggris).

Kandungan Kimia Daun Sendok

Daun Sendok mengandung plantagin, aukubin, asam ursolik, beta-si-tosterol, n-hentriakontan, dan plantagluside yang terdiri dari methyl D-galakturonat, D-galaktosa, L-arabinosa dan L-rhammosa. Juga mengandung tanin, kalium, dan vitamin (B1, C, A). Kalsium bersifat peluruh kencing dan melarutkan endapan garam kalsium yang terdapat dalam ginjal dan kandung kencing.

Zat aktif aukubin selain berkhasiat melindungi hati terhadap pengaruh zat beracun yang dapat merusak sel-sel hati (hepatoprotektor), juga berkhasiat anti septik. Biji (che qian zi) Daun Sendok mengandung asam planterolik, plantasan (dengan komposisi xylose, arabinose, asam adenin, cholin, katalpol, syringin, asam lemak (palmitat, stearat, arakidat, oleat, linolenat, dan lenoleat), dan flavanone glycoside. Sedangkan bagian akar mengandung naphazolin.

Efek farmakologis dan hasil penelitian, fraksi etil asetat (asam) Daun Sendok dengan dosis 2 glkg bb yang diberikan secara oral pada tikus putih jantan yang telah diinduksi dengan asetosal 200 mglkg bb, ternyata mempunyai aktivitas antiuicer. Penipisan fitokimia fraksi etil asetat asam menunjukkan adanya golongan triterpenoid dan monoterpenoid.

Ekstrak duan sendok pada konsentrasi 1-3 gram/wi menunjukkan daya antibakteri terhadap staphylococcus aureus dan shigella sonnei.

Khasiat Daun Sendok

Daun Sendok berkhasiat mengobati infeksi saluran kencing, kencing berlemak, kencing berdarah, bengkak karena penyakit ginjal (nefrotik edema), batu empedu, batu ginjal, radang prostat (prostatitis), kencing sedikit, demam, influenza, batuk rejan (pertusis), radang saluran napas (bronkhitis), diare, disentri, nyeri lambung, radang mata merah (konjungtivitis), kencing manis (diabetes mellitus), cacingan, gigitan serangga, hepatitis akut disertai kuning (hepatitis ikterik akut), mimisan, gangguan pencernaan pada anak (dispepsia), cacingan, perangsang birahi (afrodisiak), beser mani (spermatorea), kencing sakit (disuria), sukar kencing, penglihatan kabur, batuk darah, keputihan (leukore), nyeri otot, mata merah, batuk berdahak, beri-beri, darah tinggi (hipertensi), rematik gout, dan sakit kuning (jaundice)

Ramuan untuk Hipertensi

Herba kering sebanyak 10-15 gram atau yang segar sebanyak 15-30 gram direbus, lalu diminum airnya. Bisa juga herba segar ditumbuk lalu diperas dan saring untuk diminum. Untuk pemakaian bijinya, 10-15 gram biji Daun Sendok, direbus dan diminum airnya.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan