Selasa, 1 Mac 2016

Mandi Sebelum Subuh

Posted: 29 Feb 2016 05:28 PM PST

Ngopo.com - Ternyata mandi sebelum subuh dengan air dingin mempunyai manfaat yang positif bagi kesehatan kamu lho. Dari beberapa penelitian yang dikutip dari voa islam dapat disimpulkan bahwa sebaiknya seseorang membiasakan mandi sebelum subuh dengan air dingin, karena mandi sebelum subuh dengan air dingin memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kamu, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan Kesuburan

Mandi dengan air dinginpun memiliki efek positif bagi kesehatan reproduksi, karena mandi dengan air dingin dapat meningkatkan produksi hormon testosterone pada pria dan hormon estrogen pada wanita yang berpengaruh pada meningkatnya kesuburan dan gairah seksual.

2. Melancarkan Peredaran Darah

Mandi subuh ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Menurut Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD, dokter spesialis penyakit dalam dari FKUI dan RS Medistra, mandi pagi secara medis akan merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan menjadi lebih aktif. Hal ini timbul sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Sepanjang seseorang tidak sakit, maka mandi subuh atau sebelum subuh memberikan efek positif karena tubuh dicambuk oleh temperature rendah.

3. Membuat Kulit Menjadi Lebih Halus dan Cantik

dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyebutkan bahwa dengan mandi subuh dapat membangunkan tubuh yang terlelap dimana metabolisme tubuh sedang melambat.Diibaratkan membangunkan mesin yang awalnya pelan kemudian dinaikkan. Suhu tubuh akan dinaikkan mencapai kestabilan. Jantung menjadi terpacu untuk bangun,adrenalin meningkat, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi sangat baik termasuk aliran ke kulit, jaringan kulit akan membaik tidak kering dan menjadi lebih kenyal atau lembab. Mandi dengan air dingin juga mampu mengurangi noda hitam pada lingkaran bawah mata sehingga wajah terlihat lebih cerah dan kulit tampak lebih fresh

4. Membuat Rambut Lebih Sehat

Apasih yang terjadi dengan rambut bila dibilas dengan air dingin? Ternyata air dingin dapat menutupi kutikula rambut, sehingga mampu mengurangi kerontokan. Air dingin pun mampu melindungi rambut dari kotoran-kotoran yang biasanya menempel pada kulit kepala, dengan demikian rambut akan lebih sehat dan kuat.

5. Meningkatkan Sel Darah Putih

Mandi dengan air dingin pada waktu subuh akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang berakibat meningkatnya daya tahan tubuh dalam melawan virus yang masuk kedalam tubuh, dan tubuhpun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

6. Meredakan Depresi

Mandi dengan air dingin juga berpengaruh pada jiwa, menjadikan jiwa dan pikiran lebih tenang dan bersemangat menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, untuk mereka yang memiliki penyakit berat sebaiknya mandi dengan suhu air hangat (bukan panas) yang mendekati suhu tubuh sehingga sistem penyesuaian atau adaptasi yang sedang lemah tidak dirangsang secara paksa. Khusus untuk penderita eksim dan rematik sebaiknya tidak melakukan aktivitas mandi sebelum subuh ini kecuali dengan air hangat. Para penderita eksim jika mandi menggunakan air dingin akan menyebabkan gatal gatal pada kulit, sedangkan penderita rematik akan meningkatkan radang sendinya. Perubahan suhu yang terlalu mendadak juga dapat menyebabkan aliran darah terganggu sehingga tekanan darah lebih tinggi dari biasanya yang menyebabkan munculnya hipertensi dan jantung.

7. Menurunkan Resiko Darah Tinggi

Menurut Frederic Premji serang hypnotherapis dari The American Board Of Hypnotherapy bahwa Mandi dengan air dingin juga mampu menurunkan resiko timbulnya darah tinggi, varises dan mengerasnya pembuluh darah, hal ini terjadi karena air dingin akan melancarkan sirkulasi darah keseluruh organ-organ tubuh.

Itulah 7 manfaat mandi fajar (sebelum subuh) dengan air dingin, yang ternyata memberikan dampak positif bagi kesehatan. Untuk itu mari kita membiasakan diri untuk mandi diwaktu sebelum subuh atau fajar dengan air dingin. Nah sobat ngopo, apakah setelah tau manfaatnya, kamu masih malas mandi sebelum subuh?

Tiada ulasan:

Catat Ulasan