Isnin, 11 Januari 2016

Bunga Kantan


Manfaat Hebat Kecombrang Atau Honje, Pelancar ASI Sampai Penghilang Bau Badan

October 10, 2015 | KESEHATAN
Kuncup-KecombrangUntuk masyarakat melayu Kecombrang atau Honje telah tidak asing lagi dipakai juga sebagai bumbu masakan. Di negara Jiran Malaysia di kenal dengan nama bunga kantan, di Indonesia di kenal juga sebagai kincung (medan), bongkot (bali), katimbang (makasar), serta petikala (ternate serta tidore). Mempunyai nama latin Etlingera elatior, persamaan kata yang lain yaitu Nicolaia elatior, Phaeomeria magnifica, Nicolaia speciosa, Phaeomeria speciosa, Alpinia elatior, Alpinia magnifica. Tanaman ini berwarna kemerahan seperti tanaman hias pisang-pisangan apabila batangnya sudah tua jadi bentuk tanamannya serupa jahe dengan tinggi meraih + 5 m. Di daerah Jawa barat, kuntum kecombrang dimasak serta jadikan lalapan dengan ditemani sambal serta sepiring nasi putih. Sedang di Banyumas, Jawa Tengah kecombrang jadikan pecel lewat cara dikukus serta ada banyak lagi masakan khas nusantara yang memiliki bahan basic kecombrang.
Manfaat Honje atau Kecombrang
Honje mempunyai manfaat untuk menyingkirkan bau tubuh, mengobati penyakit yang terkait dengan kulit. Vitamin C yang terdapat didalamnya berguna juga sebagai antioksidan untuk kurangi akumulasi product radikal bebas, menetralkan toksin serta membuat perlindungan dari penyakit genetik. Diluar itu bunga Honje/Kecombrang bisa memmperbanyak ASI serta bersihkan darah, hal semacam ini sangatlah baik untuk ibu menyusui. Diakui dapat juga turunkan kandungan cholesterol yang tinggi, serta anti mikroba.
Kandungan Gizi Kecombrang/Honje
Nilai nurtrisi per 100 g (3. 5 oz)
Daya kJ (0 kcal)
Karbohidrat 4. 4 g
– Serat pangan 1. 2 g
Lemak 1. 0 g
Protein 1. 3 g
Air 91 g
Calcium 32 mg (3%)
Iron 4 mg (32%)
Magnesium 27 mg (7%)
Phosphorus 30 mg (4%)
Potassium 541 mg (12%)
Zinc 0. 1 mg (1%)
Pemakaian
* Untuk kurangi Bau tubuh, pelancar ASi, serta Antioksidan, Anda dapat memakai bunga kecombrang mentah maupun rebus juga sebagai lalapan.
* Juga sebagai Antimikroba, Batang pohon kecombrang dememarkan lantas digosok-gosokkan di bagian badan yang dikehendaki.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan