Jumaat, 27 November 2015

Makanan Sehat

Makanan Makanan Sehat Ini Justru bisa Bikin Gigi Anda Rusak Jika Konsumsi Berlebihan!

by admin
enamel-and-dentin-640x250Terdapat banyak makanan yang pasti bakal mengganggu senyum Anda, yakni soda, permen, serta minuman berenergi, semua makanan itu kaya gula, satu diantara makanan utama pemicu gigi berlubang.
“Gula yaitu karbohidrat yang lengket, ” tutur Jennifer Jablow, D. D. S., dokter gigi kosmetik di New York. “Bakteri bakal menangkapnya serta memproduksinya jadi asam. ” Efeknya, mineral dari warna putih mutiara gigi bakal terserap keluar, hingga mengikis enamel Anda.
Merasa sudah menghindari beragam makanan serta minuman yang diperkaya gula? Jangan senang dahulu, ini belum berarti senyum Anda aman dari masalah. Pasalnya, beberapa makanan sehat tersebut ternyata dapat juga mengakibatkan kerusakan gigi Anda.
Buah-buahan asam
Vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk sangatlah utama untuk melindungi kolagen dalam gusi Anda, namun makan buah jeruk berlebihan juga dapat mengganggu keindahan senyum Anda. “Jika asam dari buah bersentuhan dengan cara langsung dengan gigi secara konstan, umpamanya Anda makan beberapa buah jeruk dalam satu hari, minum air lemon setiap hari, ini bisa mengikis enamel gigi, ” tutur Jablow.
Masalahnya yaitu, enamel tak tumbuh kembali. Lemon serta limau yaitu type jeruk dengan tingkat asam tertinggi. Bahkan juga, suatu studi 2011 di British Journal of Nutrition temukan bahwa juice jeruk mempunyai kekuatan erosif sama dengan Coca Cola.
Perbaiki dengan : setelah makan buah jeruk atau minus juice jeruk, segera minum air satu gelas tinggi. Dua puluh menit lalu sikat gigi Anda. “Namun hati-hati, sesaat sesudah konsumsi jeruk, gigi Anda bakal melunak, hingga emnyikatnya dnegan keras bisa mengikis enamel gigi, ” Jablow memperingatkan.
Kacang Almond
Kacang ini memanglah tinggi vitamin E serta kaya lemak sehat yang bakal bikin Anda kenyang. Sayangnya, ini sangatlah keras untuk gigi Anda. “Butuh gigitan kuat untuk memotongnya, serta juga sebagai akhirnya bukanlah mustahil bakal bikin gigi Anda patah, ” tutur Jablow.
Perbaiki dengan : Jauhi konsumsi almond utuh, tentukan almond yang telah berbentuk irisan. Dengan demikian, gigi Anda tidak berupaya terlampau keras serta kurangi kemungkinan rusaknya gigi.
Acar
Acar, satu diantara makanan rendah kalori serta kaya rasa. Tetapi, ini dapat jadi permasalahan untuk gigi putih Anda. “Acar mempunyai kandungan asam yang sangatlah tinggi lantaran cuka, ” kata Jablow. Ini dapat kurangi mineral pada gigi Anda, ditambah lagi acar umumnya memiliki kandungan gula, pemicu lain gigi berlubang.
Perbaiki dengan : Sesudah kunyah acar, konsumsilah sedikit keju. “Keju kaya kandungan kalsium serta bisa menolong menetralkan banyak asm, ” ungkap Jablow. Atau Anda dapat mmengunyah permen karet bebas gula yang memiliki kandungan xylitol untuk emmbantu menetralkan asama serta mendorong produksi air liur untuk mencuci mulut Anda, kata Jablow.
Selai kacang
Tidak ada makanan lain yang mengenyangkan seperti satu sendok penuh selai kacang, namun ada segi jelek dari makanan ringan kaya protein ini. “Makanan ini lengket, ” tutur Jablow. Makanan ini bakal melekat kurun waktu lama pada gigi And, hingga berisiko mengakibatkan gigi berlubang.
Perbaiki dengan : Makan suatu hal yang alami tanpa ada penambahan gula, ini untuk bersihkan selai kacang yang melekat di gigi Anda.
dr : kompashealth

Tiada ulasan:

Catat Ulasan