Isnin, 16 November 2015

Sakit Kepala dan Gejalanya


Sakit Kepala dan Gejalanya
Oleh : dr Sutopo Widjaja, MS
Setiap orang pasti pernah menderita sakit kepala, sakit kepala ialah rasa nyeri dan tidak nyaman di kepala yang dapat menyebar ke leher, kuduk, muka, dan rahang.  Sakit kepala adalah salah satu keluhan yang sering didengar dokter saat menerima kunjungan penderita.  Sebagian besar kasus sakit kepala tidak disebabkan penyakit berbahaya dan tidak merusak otak. Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, intensitas dan keluhan penyerta juga sering berbeda sehingga diperlukan wawancara dan pemeriksaan yang lengkap agar tercapai diagnosis yang tepat dan pengelolaan yang efektif.
Sakit kepala dapat dibagi menjadi dua :
1. Sakit kepala primer.
90 % sakit kepala adalah golongan primer. Sakit kepala primer tidak ditemukan kelainan organ tubuh yang nyata, proses terjadinya juga masih dalam penelitian. Yang termasuk sakit kepala primer ialah :
a) Sakit kepala tegang (tension headache)
b) Migrain, penyebabnya antara lain: kurang tidur;
c) Sakit kepala klaster
2. Sakit kepala sekunder.
Terdapat kelainan organ tubuh sebagai pemicu timbulnya sakit kepala golongan ini. Kemungkinan penyebab sakit kepala golongan ini umumnya adalah kelainan mata (glaukoma), hidung (sinusitis), telinga, gigi, cedera kepala, radang selaput kepala (meningitis) hingga tumor otak. Tekanan darah tinggi (hipertensi) juga salah satu penyebab umum sakit kepala sekunder. Jika anda menderita tekanan darah tinggi dan sering mengalami sakit kepala, rutinlah mengukur tekanan darah tinggi anda setiap hari untuk memastikan penyebab sakit kepala anda, misalnya dengan Omron Blood Pressure Monitor
Sakit kepala tegang (tension headache)
Paling sering ditemukan, sekitar 55-60 % kasus sakit kepala primer masuk golongan ini.
Ditandai sakit, rasa tegang, rasa tak nyaman dan rasa seperti diikat di kedua sisi kepala, sakitnya tidak berdenyut. Otot di kuduk dan belakang leher juga terasa kaku dan tegang. Intensitas sakit nya ringan sampai sedang, timbul perlahan, makin lama makin hebat dan dapat berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari. Sakitnya tidak dipengaruhi aktifitas badan.
Pengelolaan.
1. Latihan relaksasi, massage dan kompres air hangat.
2. Obat penghilang rasa sakit a.l. parasetamol dan pelemas otot
3. Untuk kasus menahun, dapat diberi obat pencegah yaitu golongan antidepressan
Sakit kepala Klaster
Lebih sering pada pria usia dewasa  muda (20-40 th). Pemicu adalah alkohol, stres dan makanan tertentu.
Ditandai sakit kepala sebelah, sekitar mata dan pelipis, sifatnya terus menerus makin lama makin hebat, tak berdenyut, berlangsung singkat (beberapa menit sampai 3 jam), terutama timbul di malam hari sampai penderita terbangun. Sering disertai mata sesisi merah bengkak, kelopak mata menutup, hidung keluar air. Ada masa bebas serangan yang dapat  berlangsung beberapa minggu sampai beberapa bulan.
Pengelolaan.
1. Hilangkan pemicu.
2. Obat penghilang rasa sakit antara lain: parasetamol.
3. Obat golongan Ergotamin dan Sumatriptan
Sakit kepala Migren
Migren lebih sering terjadi pada perempuan, biasanya ada riwayat keluarga dan sudah mulai pada usia remaja.  Migren terjadi karena kontraksi dan relaksasi pembuluh darah kepala dan otak.
Migren ditandai sakit kepala satu sisi, timbul berulang, terutama pagi hari, nyeri bisa sedang sampai berat, sifatnya berdenyut,  berlangsung beberapa jam sampai beberapa hari, aktifitas fisik dapat memperberat keluhan. Sering disertai mula-muntah, mata tak tahan cahaya (fotofobia) dan  tak tahan suara bising (fonofobia).
Pemicu timbulnya migren antara lain : stres, kurang tidur, coklat, haid, alkohol dan pil KB.
Pada kasus berat (komplikata) dapat terjadi kelumpuhan otot mata dan lumpuh sebelah badan (hemiparesis).
Secara umum migren dibagi 2 tipe :
1. Migren tanpa aura (= Migren umum).
Pada tipe ini tidak ditemukan gejala kelainan saraf baik sebelum maupun sesudah serangan migren.
2. Migren dengan aura (= Migren klasik).
Migren ini didahului aura, 15-30 menit sebelum sakit kepala timbul gangguan penglihatan (berupa bercak2 hitam, garis2 terang bergerigi atau cahaya berbintang) dan/atau kurang rasa badan sesisi (hemihipestesia) dan lumpuh sebelah badan (hemiparesis).
Penggelolaan
1. Hilangkan pemicu
2. Istirahat di kamar gelap
3. Obat penghilang sakit a.l. parasetamol
4. Obat2an golongan ergotamin dan Sumatriptan
Pencegahan
1. Hindari pemicu
2. Obat propranolol dan golongan antidepressan
Rangkuman ciri-ciri penyakit sakit kepala
Gejala
Migrain
Tension headache
Klaster
Riwayat keluarga
+
-
-
Jenis kelamin
Perempuan
Tak berbeda
Pria
Usia
Remaja – dewasa
dewasa
20 – 40 tahun
Lokasi sakit
Unilateral
Bilateral
Unilateral
Saat timbul
Pagi
Sore
Malam
Nyeri berdenyut
++
-
-
Intensitas nyeri
Sedang – berat
Ringan – sedang
Sangat hebat
Lama serangan
4 jam – 3 hari
beberapa hari
15 menit – 3 jam
Pengaruh aktifitas fisik
Makin parah
Tak berpengaruh
Tak berpengaruh
Nyeri hilang timbul
+
-
-
Enek / muntah
+
-
-
Fotofobia
+
-
-
Fonofobia
+
-
-
Mata merem/merah
-
-
+++
Hidung keluar air
-
-
+++
Leher kaku
-
++
-
Kelumpuhan badan
+
-
-


241 KOMENTAR UNTUK “SAKIT KEPALA DAN GEJALANYA”

  1.  hengky
    Istri saya suka sakit kepala yang terus menerus, udah di cek ke dokter dan ke bidan dan dikasi obat. tapi efeknya cuma sedikit dan bahkan tidak ada.
    1. apakah penyakit istri saya?
    2. kalo saya mau bawa ke dokter, lebih baik saya bawa ke dokter penyakit apa?
    biasanya sakit kepala berbarengan dengan haid, udah dicek ke dokter kandungan dan tidak ada masalah dengan organ reproduksi istri saya
    makasih
    Salam
    Reply
    •  admin
      Dear Hengky,
      Selamat siang Hengky.
      Penyebab dari sakit kepala menahun bervariasi, antara lain ada Hipertensi, Tension Headache, Migrain, termasuk ada kelainan di otak seperti radang dan tumor.
      Karena itu kami sarankan, sebaiknya periksakan istri Anda ke dokter spesialis saraf dan internist untuk evaluasi dan mendapat pengobatan yang tepat. Sebaiknya jangan ditunda.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita
      Reply
    •  joni efendi
      seribu pertanyaan,seribu juga jawaban yg tidak memuaskan dok,karena saya melihat nyaris tidak ada solusi yang dokter berikan,hanya kata2 yang di ahiri dengan kalimat “Saran kami segera periksa ke dokter spesialis ini atau itu untuk evaluasi” kalau hanya untuk memberi saran seperti itu saya rasa ngak perlu seorang dokter dok,orang awam juga bisa,yg kami butuhkan obat,bukan saran d suruh k dokter ini atau itu,maaf kalau kalimat ini membuat dokter kurang nyaman,tapi memang begitu adanya,maaf
      Reply
      •  admin
        Selamat Siang,
        Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
        Maaf, Tim Dokita tidak bisa memberikan rekomendasi obat tanpa melakukan pemeriksaan langsung terhadap pasien.
        Perlu diketahui, Dokita adalah media untuk sharing informasi kesehatan, dan bukan sarana berobat. Hal ini karena narasumber tidak melihat dan memeriksa langsung penderita sehingga dilarang memberikan pengobatan langsung. Saran rujukan yang diberikan adalah salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah secara akurat dan penuh tanggung jawab.
        Salam Sehat Selalu,
        Tim Dokita.
        Reply
        •  sovia
          saya ibu usia 28thn sedang hamil tua,saya sering sakit kepalah sebelah,apakah sakit kepalah saya penyebabnya air tahu?atau karna pengaruh saya sedang hamil?mohon informasinya
          Reply
          •  admin
            Selamat Siang,
            Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
            Banyak penyebab sakit kepala, khususnya pada wanita hamil perlu dicermati kemungkinan pre eklampsia juga. Karena itu kami sarankan segera periksa ke dokter kandungan untuk evaluasi.
            Salam Sehat Selalu,
            Tim Dokita.
    •  Nenk
      sore..
      maaf mohon infonya..
      irng terdekat saya saat nihnlgi mngalami skit kepala yng bgtu hebat . bahkan saat rasa skit ituu muncul hidungnya sampai keluar darah.. kira2 itu gejala penyakit aph ya?
      setiap di tnyasiapa pun dya sllu mngelak klo dya skiit .. kmi pihak keluarga tkut terjaddi sesuatu yg tx di ingin kan..
      jdi sya mhon infonya
      mkasihh .. :)
      Reply
      •  admin
        Selamat Siang,
        Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
        Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa karena hipertensi, hipotensi, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, sinusistis, tumor dan sebagainya. Coba baca kembali artikel sakit kepala di atas danhttp://dokita.co/blog/tag/sakit-kepala . Karena sakit hebat disertai hidung berdarah, maka perlu cermati ada hipertensi dan kelainan di hidung/sinus. Kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu rujuk ke dokter spesialis THT.
        .
        Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di:https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
        Terima kasih
        Salam Sehat Selalu,
        Tim Dokita.
        Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
        Reply
  2.  tholib
    istri saya sakit kepala sampai 3 hari usia 30th kalau sakit sebelah bergantian dan terus menerus,sdh menahun nyeri dikepala bawah leher sampai kemata,dan kadang muntah..tlg obat apa yg cocok untuk istri saya terimakasih.
    Reply
    •  admin
      Dear Tholib,
      Dari keluhan yang disampaikan, terkesan istri anda menderita migrain. Namun harus dicermati apakah ada pemicu lain, seperti hipertensi, sinusitis, stres, kelelahan dan sebagainya. Karena itu kami sarankan sebaiknya segera bawa istri Anda ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan mendapatkan pengobatan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  3.  ifa hisbiyah
    saya seorg mhasiswi usia 20 tahun,sudah lma saya menderita sakit kepala..
    kira – kira smenjak SMP,
    saya sdh mencari informasi dmna2,mengenai sakit kepala namun info tsb tdk mmbntu saya utk menyimpulkan sakit kepala yg saya derita selma ini,
    dokter sekalipun hanya bisa menyembuhkan sakit kepala ini untuk sesaat..
    sakit kepala ini sgt mengganggu kegiatan saya karena jika bertepatan dengan kuliah berlangsung, sakit kepala ini membuat saya tidak bisa berfikir,rsanya otak saya kayak tersumbat tidak bisa mencerna informasi sm skali, aplg jka skitnya sgt hebat,rsax saya tdk kuat bangun,bngung,kepala terasa sgt berat
    nmun saya tdk pernah mengalami pingsan,,
    yg ingin saya tanyakan :
    1. apakah sakit kepala saya ini ada kaitanya dengan anemia saya,tetapi pernah saya menyimpulkan ini efek dr tekanan darah rendah dgn mengkonsumsi suplemen darah rendah namun tdk ada hasil
    2. dapatkah dokter menyimpulkan sebenarnya saya ini menderita penyakit apa?
    terima kasih
    Reply
  4.  ifa hisbiyah
    saya ingin menambhkan gejala sakit kepala yg saya derita,,
    sakitnya berpindah2, kdg d tengah, sbelah, kdg d sktr area mata..
    pkoknya sluruh kepala ini pernah mengalami sakit,
    dan gejala lainya saya juga pelupa..
    mohon dokter dapat menyimpulkanya..
    terima kasih
    Reply
    •  admin
      Dear Ifa Hisbiyah,
      Selamat pagi.
      Maaf jawaban kami agak lama.
      Untuk menyelesaikan masalah sakit kepala menahun, yang utama adalah mencari penyebab/pemicu sakit kepalanya, misalnya antara lain: Hipertensi, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, sinusitis, stress, kurang istirahat dan tentu tumor otak.
      Anemia dan hipotensi akan membuat seseorang merasa pusing, mata gelap (terutama kalau bangun berdiri dengan buru-buru) disertai lemas, bukan nyeri kepala.
      Karena itu kami sarankan sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter umum untuk evaluasi kondisi dan penyebab, dan kalau perlu periksa juga ke dokter spesialis mata, THT, Saraf dan Internist. Sebaiknya jangan ditunda.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita
      Reply
  5.  riyan
    bunda saya sering merasakan kepala terasa panas leher terasa kaku
    apa lagi klu cuaca dingin ..saya bingung nth apa obat yg cocok
    saya udah coba rebus jahe dngn bubuk teh tp blm ada probahan
    sya pgn tau solusinya
    Reply
    •  admin
      Dear Riyan,
      Mohon maaf jawaban kami agak lama.
      Perlu diketahui, penyebab sakit kepala sangat bervariasi antara lain: hiper/hipotensi, migrain, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, sinusitis, kelainan otot dan sendi tulang leher, dan tumor otak.
      Kami sarankan kalau nyeri kepala-leher sudah lama dialami, sebaiknya segera bawa dan periksakan Bunda Anda ke dokter spesialis saraf untuk dievaluasi penyebabnya dan kemudian mendapatkan penanganan yang tepat. Karena pengobatan yang efektif tentunya tergantung dari penyebab sakit kepalanya.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  6.  berliana
    saya sering menderita sakit kepala terus menerus…
    kalau siang hari sakitnya masih bisa ditahan tapi kalau malam sakitnya suka kambuh dan rasa sakitnya sangat hebat.
    sakitnya diseluruh bagian kepala, tapi yang tersa paling sakit di kepala bagian belakang.
    sakit kepala ini dimulai sejak akhir tahun lalu.
    apa yang harus saya lakukan??
    mohon bantuannya dok..
    karna sakit kepalanya sangat mengganggu aktivitas saya..
    terutama kalau banayak tugas dari kampus dan banyak masalah…
    terimakasih..
    Reply
    •  admin
      Dear Berliana,
      Perlu diketahui, penyebab sakit kepala sangat bervariasi antara lain:
      - Tension headache karena stres
      - Overload
      - hiper/hipotensi,
      - gangguan visus (tajam penglihatan) mata,
      - sinusitis,
      - kelainan otot dan sendi tulang leher, dan
      - tumor otak.
      Kami sarankan kalau nyeri kepala-leher sudah lama dialami, sebaiknya segera datangi dan periksakan diri Anda ke dokter spesialis saraf untuk dievaluasi penyebabnya. Karena tindakan penanganan yang efektif tentunya tergantung dari penyebab sakit kepalanya.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  7.  indah pratiwi
    saya kelas 8 smp , saya itu sering sakit kepala itu udah sekitar 1 tahun , kadang sebelah kanan , kiri kadang semuanya..
    dan saya periksa ke dokter itu katanya hanya pusing biasa , dan obatnya itu tidak bereaksi..
    apakah itu tekanan darah rendah ?
    apa ada penyakit lainnya
    tolong coment
    Reply
    •  admin
      Dear Indah Pratiwi,
      Selamat Pagi Indah.
      Untuk mengatasi sakit kepala dengan efektif, maka perlu diketahui penyebab sakit kepalanya. Penyebab sakit kepala sangat bervariasi antara lain:
      - Tension headache karena stres
      - Overload
      - hiper/hipotensi (tekanan darah rendah atau tinggi),
      - gangguan visus (tajam penglihatan) mata,
      - sinusitis,
      - kelainan otot dan sendi tulang leher, dan
      - tumor otak.
      Kalau Indah sudah sering sakit kepala dan tidak sembuh walau sudah minum obat, maka kami sarankan segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis saraf untuk dievaluasi lebih lanjut apa penyebab dari sakit kepala Anda.
      Karenan tindakan penanganan yang efektif tentunya tergantung dari apa penyebab sakit kepala Anda. Sebaiknya jangan ditunda.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  8.  riska
    umur saya 24 tahun, selama satu minggui ini saya sakit kepala, mengantuk, lemas, mual dan tidak bisa tidur. ujung jari tangan saya juga sering kesemutan ketika kepala saya sakit, sakit kepala nya pindah2 tetapi paling sering dibagian tengah. seminggu sebelumnya saya banyak pekerjaan sehingga stress dan kurang tidur, apa yang harus saya lakukan? terima kasih sebelumnya
    Reply
    •  admin
      Dear Riska,
      Selamat Pagi Riska.
      Dari keluhan yang disampaikan, sangat mungkin Anda menderita sakit tension headache karena stres dan overload.
      Untuk sementara, boleh coba minum obat pain killer (pereda rasa nyeri) sambil Anda usahakan menghindari pemicunya. Jika tidak ada perbaikan atau bertambah buruk, kami sarankan segera berobat ke dokter untuk evaluasi penyebab dan mendapatkan tindakan penanganan yang efektif.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita
      Reply
  9.  nduk
    saya mahasiswa 21 tahun, saya mengalami keluhan sakit kepala yang amat sakit di malam hari (kepala bagian depan dan kadang belakang) disertai dengan badan panas dingin, mata terasa ngilu dan sakit, juga telinga yang ikut sakit (beberapa hari terkadang terasa berdenging). tapi jika pagi-sore hari saya merasakan baik-baik saja.
    mohon bantuannya dok.
    terimakasih..
    Reply
    •  admin
      Selamat sore.
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Sakit kepala yang disertai demam perlu dicermati adanya infeksi. Kalau sakitnya terutama di depan kepala, harus dipertimbangkan infeksi sinus (sinusitis).
      Karena demamnya terutama sore-malam, perlu waspadai juga kemungkinan demam tiphus.
      Saran kami, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) kepala/sinus dan cek laboratorium.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  10.  Cak Nur
    Umur saya 21th. Saya mengalami sakit kepala yg berulang kali dengan intensitas sering dan waktu yang tidak tentu. Biasanya didahului oleh gangguan penglihatan berupa garis2 cahaya atau berkabut (intinya gangguan penglihatan) dan disertai mual sampai muntah. Sakit kepala ini sudah saya alami dari 5 tahun yang lalu. Apa yang harus saya lakukan? Apakah ini gejala kanker otak atau hanya migren? Apakah mungkin migren dialami oleh pria? Mohon bantuannya Dok. Terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat siang.
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari keluhan yang disampaikan, kesan anda ada gangguan migrain. Migrain bisa juga pada pria, yang harus dilakukan ialah hindari pemicu migrain, antara lain: Stres, overload, kurang istirahat dan sebagainya.
      Sakit kepala kronis bisa akiba adanya tumor di otak, dan gejalanya ialah sakit yang kronis progressif.
      Saran kami: sebaiknya periksa ke dokter spesialis saraf dan kalau perlu lakukan CT Scan kepala.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
    •  desi
      -CakNur, apakah sudah periksa ke dokter? bgaimana hasilnya?
      itu sama bgt sama saya, saya jg udh sekitar 5thunan yg lalu, tp akhr2 ini intensitasnya makin sering.
      dn parahnya saya tdk bs mndeteksi apa pemicunya :( pun saya msh takut utk periksa k dokter :(
      -Dokter admin, obat pncegah migrain antidepresan yg doktr bilang itu dminumnya kapan? kan saya ngga tau bakal sakitnya kapan..apa tiap hari? atau bgmana dok?
      Reply
      •  admin
        Selamat Pagi,
        Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
        Antidepresant diberikan untuk mereka yang menderita depresi, salah satu faktor pemicu migrain.
        Kalau depresi sudah bisa diatasi, misalnya melalui konsultasi psikiater maka obat tersebut tidak perlu diminum lagi. Sebaliknya kalau depresi masih belum terkendali, maka obat masih harus diminum terus tiap hari sambil dibawah pemantauan psikiater.
        Salam Sehat Selalu,
        Tim Dokita.
        Reply
  11.  Kaysana
    Selamat Pagi,
    Mohon pencerhan nya DOKITA.
    Saya baru tahu setelah Istri bercerita ke saya ( Usia 30), saat ini ia sering sekali mengalami kendala sakit kepala yang terus menerus, bahkan katanya saat sedang sakit2 nya, mata terasa buram.
    1. Penyakit apa yang di derita oleh istri saya
    2. Untuk pengobatan seperti ini, dokter apa yang harus saya temui.
    Regards,
    Kayasana
    Reply
    •  admin
      Selamat pagi.
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Penyebab sakit kepala bervariasi, antara lain: Hipertensi, migran, tension headache karena stres, overload, sinusitis dan sebagainya. Kalau sakit kepala disertai mata buram, mata merah, mata nyeri, harus diwaspadai glaukoma. Kami sarankan agar segera bawa dan periksakan istri Anda ke dokter spesialis mata untuk dievaluasi.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  12.  Agnes
    Saya sering sekali mengalami sakit kepala yang tiba2,dan terasa begitu sakit,kadang sakitnya sampai terasa di daerah mata.sakit kepala yang saya rasakan ini sering terjadi secara terus menerus,tapi saya tidak pernah mengkonsumsi obat,saya diamkan saja dengan beristirahat dan sembuh sendiri.Apa penyebabanya?Apakah saya mengalami suatu penyakit yang parah?bagaimana cara penanganannya?Terima kasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, sehingga perlu dicari pemicu/penyebab sakit kepalanya.
      Bila sakit kepalanya sering disertai nyeri di sekitar mata dan akan sembuh dengan istirahat, sangat mungkin pemicunya adalah kelainan visus (tajam penglihatan) mata atau karena overload.
      Kami sarankan: sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis mata untuk cek visus mata, sekaligus tentukan tekanan bola mata untuk memastikan tidak ada glaukoma.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  13.  ayu lestari
    dok mau tanya…
    sakit kepela pada penderita hipertensi itu etiologinya apa ya?
    dan ciri-ciri sakit kepala hipertensi itu apa?
    terima kasih atas jawabannya…
    Reply
    •  admin
      Selamat siang.
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Sakit kepala karena hipertensi terkait dengan tekanan tinggi yang berdampak pada sistem pembuluh darah dan sirkulasi di susunan saraf pusat.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  14.  Iyi Samirih
    Assalamualaikum wr. wb
    Umur saya 21th (P) Dok, keluhannya : saya sering mengalami sakit kepala dibagian depan.
    Gejala awalnya :
    -Tegang pada bagian leher dan bahu, dan sering saya gerakan lehernya sehingga lehernya berbunyi Dok.
    -Sakit pada bagian mata dan gigi. Mata terasa panas dan gigi juga terasa panas dan nyeri.
    -Mungkin stress Dok (kebanyakan berfikir dan memaksakan otak untuk terus berfikir)
    -Makan makanan yang mengandung MSG atau pemanis atau salah konsumsi makanan.
    -Sakit kepala juga sering terjadi ketika akhir masa menstruasi.
    Untuk menghilangkan rasa sakit itu, biasanya :
    -saya menutup dan menekan mata saya sehingga gelap.
    -Makan makanan yang sekiranya dapat meredahkan rasa sakit.
    -Tidur
    -Jika tidur tidak juga menghilangkan rasa sakit itu, biasanya saya minum obat analgesik dan antipiretik.
    Mohon penjelasannya Dok,
    Terimakasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang.
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Memang penyebab sakit kepala sangat bervariasi, maksudnya adalah dengan keluhan yang sama yaitu sakit kepala, penyebabnya belum tentu sama.
      Sakit kepala bisa disebabkan karena ketegangan, telat makan, konsumsi makanan tertentu yang tidak dapat ditoleransi tubuh, terpapar panas sinar matahari yang berlebih, udara terlalu dingin, gangguan hormonal seperti saat haid, atau adanya penyakit seperti hipertensi, glaukoma, sinusitis dan sebagainya.
      Dari data yang Anda berikan, sangat mungkin Anda menderita tension headache akibat beban kerja dan stres. Pemicu lainnya ialah migrain karena sering timbul saat menstruasi.
      Saran kami: sebaiknya periksakan ke dokter untuk evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.
      Kalau kronis dan semakin berat, mungkin perlu CT scan kepala.
      Apa yang Anda lakukan untuk mencegah sakit kepalanya, sudah cukup baik. Jadi minum obat hanya bila diperlukan saja.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  15.  vhie
    Dok ,
    sy berumur 23 thn dan sudh hampir 3thn belakangan ini sy mengalami sakit kepala hebat dan terus menerus , di sertai kaku pada leher dan sering ( panas dingin )
    mohon penjelasannya Dok . trmakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa dari stres, kelelahan, migrain, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, sinusitis, hipertensi atau hipotensi, bahkan termasuk kemungkinan adanya kelainan di otak dari radang/infeksi sampai tumor.
      Karena sakit kepalanya hebat, terus-menerus, dan berlangsung 3 tahun, maka memang perlu dicari pemicu dan penyebab sakit kepala Anda.
      Saran kami: sebaiknya Anda segera periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi, kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) sinus atau CT scan kepala. Dari hasil evaluasi, dokter bisa memberikan tindakan penanganan yang tepat untuk sakit kepalanya.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  16.  shena
    selamat malam,
    saya 20 tahun. saya sering banget sakit kepala. dan biasanya kalau sudah kambuh bisa sampai 5 hari minimal baru sembuh. kadang sangking sakitnya sampai gak kuat bangun dari tempat tidur. dulu saya juga pernah sakit kepala sampai muntah-muntah juga, dan sempat ke dokter saraf juga. tapi katanya cuma kecapekan. dan sekarang rasa sakit itu kambuh lagi, pusing udah 4 hari, kadang mual-mual, dan nyeri yang berlebihan. minum obat parasetamol cuma kasih efek ngantuk, tapi begitu bangun lagi sakit kepalanya masih terasa banget. saya harus bagaimana…
    terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjugi blog Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi.
      Kalau sering kambuh sakit kepalanya, maka harus dicari pemicu/penyebab sakit kepala tersebut, antara lain: Tension headache, migrain, hipertensi dan sebagainya. Perlu dicermati pula kelainan di dalam otak, antara lain: Tumor.
      Saran kami: segera periksa dan konsultasi ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi ulang, dan kalau perlu CT scan kepala.
      Salam Sehat Selalu
      Tim Dokita.
      Reply
  17.  Chandra
    Selamat malam,
    Usia saya 48 thn, dan sejak tahun 2007 mengalami mata kering.
    Tahun 2012 bulan Desember mata sakit meradang.
    Baru Satu minggu ini mata kembali meradang pada siang pk 11 sampai
    pk 14.00, mata merah dan keluar kotoran mata dan air mata. disertainya
    sakit cekot2 sampai ke syaraf gigi
    Kira2 sakit apa sy derita? apa infeksi / virus ?
    bagaimana cara menyembuhkan?
    atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin mata Anda terinfeksi (mata merah, berkotoran, nyeri).
      Saran kami: sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis mata untuk evaluasi dan mendapatkan tindakan penanganan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita
      Reply
  18.  Rena Ulfa
    Selamat Siang..
    Saya mahasiswi berusia 19thn dok..
    Saya rabun jauh dan skrg sdh -3
    Saya sering mengalami sakit kepala dlm intensitas yg sering dan tidak menentu.. Kalau sudah sakit kepala saya tdk bisa beraktivitas dan akan berdiam diri.. Ini sdh saya alami sejak saya SMP..
    Saya tdk mengkonsumsi obat untuk meredakannya..
    Apa yang harus saya lakukan agar sakit kepala ini tidak sering kambuh..
    Terimakasih..
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, terkesan Anda ada tension headache, pemicunya selain stres, kecapean juga bisa akibat visus (tajam penglihatan) mata yang kurang baik.
      Saran kami: sebaiknya segera periksakan diri ke dokter spesialis mata untuk evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  19.  yanti
    saya mahasiswi,
    saya mgalami miopi selama 5 tahun,
    belakangan ini saya sering mngalami sakit kepala di bagian depan terutama di sekitar alis saya dengan intensitas tidak menentu,
    bila skit kpla saya kmbuh , biasanya saya mnum asam mefenamat untuk mredakannya, namun hnya bertahan skitar 2-3 jam , setlh itu pnykit saya kmbli kmbuh,
    pnykit apkh yg saya derita, mhon jwbnnya
    terima kasih……………
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin Anda menderita sakit kepala sekunder akibat kelainan visus (miopia). Apalagi pekerjaan Anda berkaitan dengan beban mata. Sebab lain nyeri kepala antara lain: Sinusitis, hipertensi dan lain-lain. Saran kami: kalau sering kambuh sakit kepalanya, perlu periksa ke dokter spesialis mata ulang untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  20.  fita
    Saya umur 21 tahun….
    Dulu pas umur 8 tahun kepala saya pernah mengalami benturan hebat…tapi tidak pernah di ct scan…dan itu pun meninggalkan bekas cekungan di tengkorak kepala….
    Sampai sekarag jika
    luka tersebut ditekan masih terasa sakit…
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Kalau sudah 12 tahun, seharusnya proses penyembuhan tulang sudah sempurna, sehingga sakitnya mungkin bersumber dari kulit. Untuk akurasinya memang disarankan foto tulang kepala. Sebaiknya datangi dan konsultasikan dengan dokter dahulu.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  21.  Yance
    Mat Pagi Dokter, saya usia 33 Tahun.
    Keluhan sering tegang di kepala bagian belakang terasa berat. Nyeri tidak terlalu. Kadang – kadang oleng, tapi aktivitas berjalan baik. Kalo tidur aman. Cuma sering berat di bagian kepala belakang dan rasanya tidak nyaman. Makasih dokter.
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, terkesan sakit kepalanya jenis tension headache akibat stres, overload dan kurang istirahat. Coba atasi dengan mengubah pola hidup dan cara kerja.
      Konsultasikan juga dengan dokter untuk evaluasi penyebab lain seperti hipertensi dan lain-lain.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  22.  maruli
    Dok, saya karyawan umur 40 thn, saya sudah sakit kepala selama 2,5 tahun dan hampir setiap hari terjadi, cuma yang membuat saya tidak nyaman ialah sakit kepala ini datang klo saya lagi ada aktifitas yang memerlukan pikiran dan sering terjadi di bagian belakang kepala, sakit dikepala menyebabkan gigi atas & bawah saya ngilu, sehingga saya harus mengigit sesuatu supaya ngilunya reda beberapa lama, kira2 ini sakit kepala apa dan kira2 apa yang saya harus lakukan agar sakitnya berkurang
    untuk informasi saya pernah mengalami penyakit maag kronis,,,trims dok
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, terkesan ada tension headache, akibat stres dan overload. Nyeri di gigi harusnya tidak ada kaitan sehingga perlu dicari penyebabnya.
      Sebaiknya temui dan konsultasikan dengan dokter gigi untuk evaluasi.
      Untuk tension headache, selain obat painkiller, perlu diikuti perubahan pola hidup dan pola kerja yang lebih sehat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  23.  maruli
    Dok, saya karyawan umur 40 thn, saya sudah menderita sakit kepala selama 2 thn belakangan ini, sudah sangat menganggu sekali karena menganggu aktifitas kerja saya, yg sangat membuat kepala saya tidak nyaman sekali apabila saya ada kerja yang memerlukan konsentrasi maka sakit kepala akan datang & gigi dan rahang saya agak gilu dan nyeri. kadang klo saya berbicara agak lama kepala saya akan sangat tidak nyaman, dok bantu kira2 ini sakit kepala apa dan gimana cara mengurangi rasa nga nyaman dikepala ini, trims dok
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, terkesan ada tension headache, akibat stres dan overload. Nyeri di gigi harusnya tidak ada kaitan sehingga perlu dicari penyebabnya.
      Sebaiknya temui dan konsultasikan dengan dokter gigi untuk evaluasi.
      Untuk tension headache, selain obat painkiller, perlu diikuti perubahan pola hidup dan pola kerja yang lebih sehat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  24.  eldy
    Malam dokter,
    Usia sy 35 thn, kira2 3 mnggu yll sy mengalami skt kpla hebat disertai leher kaku & demam, sy cb mnm obt flu saat mnjlg tdr mlm, saat bangun demamnya berkurang tp skt kpla&lhrnya tetap ad, ini brlangsung 3hari berturut2 nonstop (sblmnya sy hmpr tdk prnh skt kpla). Sy dtg k dktr syaraf & melakukan ct scan, hslnya semua dlm keadaan baik, sy hnya d berikan 3 mcm obat utk 5 hari(sy lp obtnya) hslnya sy tdk demam lg & rs skt sdkt berkurang, tp stlh obt trsbt hbs & sampai skrg skt kpla (spt di ikat kencang),leher kaku & mualnya tdk prnh hilang (ini sy rasakan setiap hari) Kira2 pnykt apa yg sy alami? Krn ini sngt mengganggu & membuat sy bingung. Kiranya dokter dpt memberikan penjelasannya, terima kasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin tension headache akibat stres, overload dan kurang istirahat.
      Kemungkinan pemicu dari kelainan visus (tajam penglihatan) mata juga perlu dicermati.
      Saran kami sebaiknya datangi dan konsultasikan dengan dokter spesialis mata untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  25.  wulan
    Dok, sy brumur 28,udah 2 hr ini sy sakit kepala dr kpl bag blkg hingga ke mata. Sy sdh hmpir 2 mgu ini flu & batuk dg tenggorokan nyeri, tp blm sembuh jg. Sdh priksa jg ke dokter, diberi calortusin&cefafroxil. Cefadroxil blm sy minum krn gejala yg sy rasakan spt bkn gjl radang tnggorokan krn bakteri. Tekn drh sy jg lbh tgi dr biasanya, yaitu 130/90. Apakah skt kpl ini krn radang atau tensi yg naik ya? Lalu hrs bgmn krn skt kpl tdk kunjung hlg & mengganggu
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Dari data yang disampaikan, nyeri kepalanya bisa akibat radang tenggorok yang disertai batuk-pilek lama, atau bisa juga akibat hipertensi sehingga keduanya perlu ditangani sesuai saran dokter (mungkin memerlukan antibiotik dan lain-lain).
      Namun perlu juga dicermati pemicu lain seperti tension headache akibat kelelahan dan stres.
      Saran kami: sebaiknya periksa ulang ke dokter untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  26.  Gunturr
    Istri saya sedang hamil 8 bulan, sudah 20 hari berturut-turut dia mengalami sakit/nyeri kepala bagian belakang di atas leher, leher kaku, menurut dokter kandungan dan bidan stress, kecapean, kebayakan mikir, tapi sampai saat dibuat surat ini belum juga ada kesembuhan, penyakit apakah yang diderita istri saya sebenarny?
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Maaf jawaban kami agak lama.
      Penyebab nyeri kepala bervariasi, namun pada ibu hamil perlu dicermati apakah ada tanda-tanda pre-eklampsia, antara lain ada hipertensi dan tungkai bengkak.
      Kalau sudah menemui dan konsultasi dengan dokter kandungan dan dikatakan stress, maka ada kemungkinan tension headache saja.
      Untuk memastikan, sebaiknya datangi dan konsultasi ulang dengan dokter untuk evaluasi kondisi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  27.  nia
    Saya merasakan Nyeri Pada Mata Kiri Kemarin,sudah Saya Kompres Air Hangat Tapi Belum Hilang Nyerinya,semalam Juga Disertai Migren Disebelah Kiri.mohon Masukannya,dok
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi blog Dokita.
      Nyeri mata disertai gejala migrain harus dicermati kemungkinan adanya glaukoma, apalagi kalau matanya juga tampak merah.
      Saran kami: segera periksakan diri ke dokter spesialis mata untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita
      Reply
  28.  adisti
    siang Dok,
    Saya ingin bertanya, saya sering mengalami pusing dibagian belakang kepala saya, kadang jg didaerah mata dan alis.. akhir2 ini saya jg suka mengalami kram dibagian belakang kepala, yg ingin saya tanyakan apakah penyakit yg saya derita? mohon bantuannya, trimakasih sebelumnya.
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat tension headache, yang dipicu oleh stres, kurang istirahat, kelelahan dan beban kerja yang membebankan mata. Perlu dicermati juga pemicu lain seperti hipertensi.
      Saran kami: sebaiknya temui dan konsultasikan dengan dokter untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
      •  adisti
        trimakasih Dok atas penjelasannya, sebenarnya dibelakang kepala saya sebelah kanan ada benjolan, setelah di periksa oleh dokter umum saya disarankan ke dokter bedah, dari situ dokter bedah menyatakan klo benjolan tersebut adalah tumor jinak dan harus dioperasi, tp karena takut saya tidak mengikuti saran dokter tersebut, apakah pusing dan kram yg saya alami berasal dr tumor tersebut? mohon penjelasannya, trimakasih sebelumnya.
        Reply
  29.  desi
    saya mengalami sakit kepala kurang lebih 3tahun..
    sakit kepala yang saya rasakan, sakit kepala hingga keleher bgian belakang juga sampai punggung bagian belakang.. sakitnya hampir seiap hari.. kalau sakitnya kelewatan kadang sampai mual mutah..
    saya sudah sering kali periksa kedokter saraf dan dokter penyakit dalam, tetapi hanya diberikan obat yang bisa menghilangkan sakitnyam tapi hilangnya hanya setelah meminum obat saja..
    mohon saran dan pendapatnya yaa, karena sakitnya mengganggu aktivitas kuliah saya..
    terimakasih sebelumnya
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri kepala sangat bervariasi, dari data yang disampaikan sangat mungkin tension headache akibat stres, kelelahan, kurang istirahat. Namun harus dicermati pemicu lain seperti hipertensi, glaukoma bahkan kelainan di otak antara lain: Tumor.
      Saran kami: sebaiknya datangai dan periksakan ulang ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi, dan kalau perlu CT Scan kepala.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita
      Reply
  30.  herina
    Selamat Pagi..
    Saya merasakan sakit kepala yang di bagian atas dan sakit itu terasa saat kepala sy bergerak dan bila di tekan bagian atas kepala agak ilang sakitnya juga setiap sore sampai malam suhu badan panas tapi saya menggigil kedinginan sampai gemeretuk gigi saya, dan bila pagi suhu badan saya normal kembali cuma terasa sakit di kepala saja, dan menjelang sore sampai malam kambuh lagi suhu badan panas tapi saya kedinginan…. sakit apakah saya ? makasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, kemungkinan sakit kepala dan demam disebabkan adanya infeksi antara lain: Typhus.
      Saran kami: sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter dan kalau perlu cek Laboratorium.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita
      Reply
  31.  Risda Felia
    selamat malam..
    saya ingin menanyakan seputar sakit kepala yang saya rasakan.
    saya berusia 20 tahun, sering mengalami sakit kepala pada bagian atas hingga mata dan leherpun terasa pegal. dalam keluarga memiliki riwayat vertigo. biasanya sakit kepala ini hilang jika dibawa tidur dan bangun keesokan paginya, dan biasanya setelah minum obat vertigopun sakitnya mereda. namun, pada waktu tertentu sakit kepala ini tak kunjung hilang walau sudah ditinggal tidur semalaman dan minum obat vertigo.
    menurut Tim Dokita saya sakit apa yaa?
    Terimakasih..
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, mulai dari tension headache, migrain, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, sinusitis, hipertensi, gangguan saraf otot dan sendi tulang. Sehingga perlu dicari penyebabnya dahulu, baru kemudian bisa tuntas penanganannya.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin tension headache karena stress atau kelelahan. Coba baca artikel Dokita berikut: http://dokita.co/blog/sakit-kepala-dan-gejalanya/ , http://dokita.co/blog/tension-headache/
      Saran kami, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  32.  mahanthy mesalina
    assalamualaikum dok, saya mesa, umur 18 thun, saya sring sekali mengalami pusing dikepala, ketika saya berada disuatu ruangan dengan berbaring lalu saya bangun dan berdiri rasa pusing dan sakit dikepala sungguh hebat, bahkan diiringi dengan penglihatan yang buram dan bahkan sampai tidak bisa melihat apa”, lalu badan saya juga lemas sekali hingga hampir terjatuh, itu smua berlangsung bisa sampai 1 mnit kurang. dan saya juga sangat pusing jika melihat cahaya atau berada diruangan yang bercahaya, penyakit apa ini dok, apa yang harus saya lakukan? trimakasih sebelumnya, bohon jawabannya dok
    wassalamualaikum
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, ada 3 kemungkinan yaitu:
      1) anemia;
      2) hipotensi;
      3) gangguan visus (tajam penglihatan) mata,
      Saran kami, segera periksakan diri ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu cek Laboratorium dan visus (tajma penglihatan) mata.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
      •  mahanthy mesalina
        terimkasih dok, apa dari 3 kemungkinan tersebut brpengaruh dengan daya ingat dok?
        Reply
        •  admin
          Selamat Pagi,
          Pengaruhnya terutama dalam hal konsentrasi terhadap tugas dan pekerjaan, sehingga berdampak tidak langsung dengan daya ingat.
          Salam Sehat Selalu,
          Tim Dokita.
          Reply
  33.  khusnul amin
    saya mau bertanya istri saya tiap hari kepalanya terasa tidak nyaman dan semakin lama (ke siang/malam) kepala terasa berat dan pusing ini sudah berlangsung tiap hari sejak januari lalu, tensinya 100/70, d telinga kadang berdenging/ terdengar gemuruh. kira2 apa yang di derita istri saya
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Gejala-gejala yang Anda sebutkan menyerupai vertigo, namun gejalanya tidak khas.
      Untuk menegakkan diagnosa, tidak bisa hanya dari keluhan tersebut, tetapi diperlukan juga informasi lebih lanjut. Karena itu, sebaiknya periksakan istri Anda ke dokter spesialis saraf dan dokter spesialis THT untuk dievaluasi dan mendapatkan tindakan penanganan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  34.  marini
    saya mau bertanya dok
    entah kenapa akhir2 ini otak saya merasa kaku di bagian kiri bawah ya? saya memang pelupa. saya takut adanya penyumbatan. kira2 apa solusinya ya?
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Apakah yang Anda maksud leher kiri bawah kaku ?
      Jika ya, penyebabnya bervariasi, bisa berasal dari urat-otot, sendi tulang, hipertensi, gangguan saraf, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, kelelahan kerja dan sebagainya.
      Saran kami: sebaiknya temui dan konsultasi dengan dokter untuk evaluasi, kalau perlu cek laboratorium untuk asam urat dan lipid.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  35.  Ricardo
    Malam dokter, salam kenal.
    Saya laki-laki umur 30th baru menikah 6bln yang lalu dok, dan punya keluhan sakit kepala (sakit kepala dibagian belakang, kepala terasa tegang dari kepala sampai ke leher dan terasa panas dr kepala belakang, leher, hingga punggung), dan akhir2 ini hampir setiap hari kepala saya pusing hingga saya enggan bekerja, krna sering sekali kumat ketika pada saat melakukan pekerjaan dikantor. Sejak 5/6 tahun yg lalu saya divonis hipertensi, hingga saat ini jika naik TD tensi saya mencapai 150/100, dan saat tensi itu saya tdk dpt fokus berjalan, dan akhirnya dibawa keklinik/RS terdekat. Mulai mereda ketika saya diberikan obat penurun TD, dan selanjutnya ketika naik TD saya lsg minum obat. hingga terakhir saya mengalami hipertensi kemudian berobat di RS dan ditangani oleh dokter specialis jantung diberikan obat captopril 12,5mg, krna msh sering kumat kemudian dinaikan ke Diovan 80mg diminum selama 10 hari dan setelah saya kontrol kembali menurut dokter tersebut tensi saya sdh turun, tp saya msh merasa pusing, dan dokter tersebut merujuk saya utk ke dokter syaraf.
    Menurut dokter, kemanakah saya hrs berobat, dan obat apakah yg bgs utk hipertensi seperti saya dokter?
    Dan tambahan sedikit dok, saya pernah kecelakaan motor 10bln yg lalu, dan ada benturan pada gigi bagian depan hingga patah, hingga kepala saya pusing. namun saat itu lsg dilakukan ct scan tp menurut dokter di RS tersebut, hanya ada pembengkak/memar dikepala bagian belakang, dan trauma pada saraf namun itu bisa baik kembali. pertanyaannya dok, apakah ada disebabkan benturan tersebut hingga sakit kepala saya yang menahun skrg ini, dan apakah saya perlu melakukan cek ct scan lg atau MRI begitu dok?
    Sebelumnya Terima ksh byk atas jawaban dari Dokter, dan mhn maaf agak panjang komentarnya dok, trims Dokter. :)
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan memang tetap perlu dicermati dampak kecelakaan kepala dulu.
      Kami sarankan sebaiknya temui dan konsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk evaluasi, dan kalau perlu CT scan atau MRI ulang untuk memastikan.
      Untuk hipertensi, memang respons obat sangat individual serta perlu pemantauan berkala dibawah evaluasi dokter. Yang penting obat harus diminum dengan disiplin, teratur, tepat waktu agar tercapai efek pengobatan yang optimal.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  36.  mukhlisah
    siang dok,,,
    umur saya 20 thn ne, sedang kuliah.
    saya sering sakit kepala dok, dan sering membuat penglihatan saya jadi nggak jelas. apalagi kalau sore hari. dan saya nggak bisa terlalu banyak kegiatan, rasanya sering kecapean. dan saya sering berkeringat dingin.
    itu termasuk penyakit apa ya dok?
    solusinya apa?
    trimakasih…..
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi. Dari data yang disampaikan, mungkin akibat hipotensi, anemia atau gangguan visus (tajam penglihatan) mata.
      Karena itu kami sarankan agar Anda periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu cek laboratorium dan cek visus (tajam penglihatan) mata. Setelah tahu penyebabnya, maka baru dapat diberikan tindakan penanganan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  37.  Rusman
    Selamat Siang Dok,
    Kurang lebih 3 bulan ini kepala saya kadang sakit (bukan pusing) jika kepala digoyang2, agak susah menjelaskannya Dok, tapi yang pasti kadang baik sendiri tanpa makan obat 3 sampai 4 hari, lalu kambuh lagi bisa sampai 7 hari. Lebih lama sakitnya dari pada baiknya. Begitulah terus-menerus (berulang). Tapi kalau diam atau kepala hanya bergerak normal kekiri atau kekanan, kedepan atau kebelakang tidak ada masalah kepala tidak sakit.. Hanya jika saya naik sepeda dgn kecepatan 20-30 km perjam melewati jalan rusak seperti batu-batuan (gradak-gruduk) atau melewati polisi tidur kepala ikut sakit. Ada apa ini dibagian kepala saya dok.
    Kadang timbul pikiran jelek ; apakah ada tumor di otak atau kepala ? Atau otaknya mengecil ?
    Sekedar informasi : Umur saya sudah 69 tahun, dan 3 bulan terahir ini saya mengkonsumsi obat tidur racikan : Sizoril 10 mg, Amitriphiline 10 Riklona 1/3 tab,Alprazolam 0.375 mg. Karena sebelumnya pernah hampir setahun tidak bisa tidur.
    Mohon pencerahannya dok, dan sebelumnya terima kasih.
    Rusman.
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi. Dari data yang disampaikan dimana nyeri sudah kronis dan cukup parah, maka memang harus dicermati kemungkinan ada tumor atau gangguan sistem pembuluh darah di otak. Saran kami sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan CT scan, MRI atau Angiografi pembuluh otak. Jangan ditunda!
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  38.  jane
    saya wanita berusia 24 th, saya sering sekali menderita migrain, dan hampir setiap hari saya mengalami hal tersebut, dan sudah 1 minggu ini saya tidak lagi mengalami migrain, tapi saya menderita pusing dan mual, serta nyeri daerah mata. kira2 gelajala apa ya dok. trims
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, pemicu pusing dan mual saat ini mungkin akibat gangguan visus (tajam penglihatan) mata atau glaukoma.
      Saran kami sebaiknya temui dan konsultasi dengan dokter spesialis mata untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  39.  Rully P Hambali
    Selamat Siang,
    saya mau tanya, istri saya belakangan ini setelah operasi sinus 2 bulan yang lalu seringa skit kepala disertai nyeri disekitar mata. apakah kira kira penyebabnya. dan bagaimana penaggulangannya.
    terima kasih,
    salam
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, nyeri di sekitar mata bisa dampak dari proses penyembuhan operasi sinus sebelumnya atau ada gangguan visus (tajam penglihatan) mata. Saran kami sebaiknya temui dan konsultasi ulang dengan dpkter spesialis THTnya untuk evaluasi dan kalau perlu konsultasi juga dengan dokter spesialis mata.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  40.  Miyu
    selamat pagi.
    saya mahasiswi berusia 19 sering mengalami sakit kepala bagian belakang, samping dan kadang semua bagian. sebulan yang lalu kekebalan tubuh saya sangat baik yang berarti meski saya sering mengalami sakit kepala saya tidak merasa lelah dan badan saya tetap bugar. namun sekarang-sekarang terasa sangat berbeda dilihat dari aktifitas yang menurut saya tidak terlalu berat, saya sering merasa cepat lelah ditambah sering mengalami sakit kepala terus menerus. pernah saya berpergian selama 2 hari dan ketika pulang sakit kepala saya muncul lagi sampai 1 minggu lebih dan ketika diistirahatkan sakit kepala saya masih terasa bahkan lebih sakit dari sebelumnya. ini sangat mengganggu aktifitas saya karena saat sakit kepala saya kambuh, semua badan terasa sakit mulai dari telapak kaki yang terasa sangat sakit (seperti ditusuk paku), mual, tulang belakang sakit, jadi sensitif dengan suara keras, dada sakit, sampai badan terasa lumpuh (tidak bisa digerakan). ketika sakit kepala saya terasa saya mengkonsumsi obat sakit kepala namun itu tidak ada hasilnya sama sekali. 2 bulan yang lalu saya perikasakan ke dokter dan melakukan medical chek-up dan hasilnya saya mengidap kolesterol dan saya mengkonsumsi obat.
    yang saya ingin tanyakan adalah apakah sakit kepala yang sering saya rasakan itu masih dari gejala kolesterol saya???? atau apakah sakit kepala yang saya rasakan gejala lain????
    terimakasih,
    salam
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore.
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala bervariasi, paling sering akibat tension headache karena stres, kelelahan, overload dan sebagainya. Kalau sakit kepala makin hebat/parah maka perlu diwaspadai adanya tumor otak. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan pemeriksaan penunjang lain antaral lain: Rofoto (Rontgen foto) sinus, cek visus (tajam penglihatan) mata, bahkan CT scan kepala.
      Kolesterol saja bukan pemicu sakit kepala.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  41.  dhee
    Dok, saya sering merasakan pusing yang sangat hebatbdibagian belakang kepala sampe kemata,,, kalau siang hari rasanya masih bisa ditahan, tapi jika sudah sore-malam, rasa nyerinya semakin hebat
    Dulu saya pernah menderitabsinusitis, tapimsudah lama tdk pernah kambuh. Jika rasa nyeri ini datang, badan rasanya panas, kadang mual. Pada saat menstruai juga sering seperti ini. Sakit kepala ini kadang mengganggu, saya harus periksa kemana ya dok?
    Terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, penyebab nyeri kepala mungkin dipicu kelainan mata (visus/tajam penglihatan) atau sinusitis. Namun juga bisa akibat tension headache karena stres, kelelahan, overload.
      Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis mata dan THT untuk evaluasi awal.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  42.  dhee
    Dok, saya sering merasakan pusing yang sangat hebatbdibagian belakang kepala sampe kemata,,, kalau siang hari rasanya masih bisa ditahan, tapi jika sudah sore-malam, rasa nyerinya semakin hebat
    Dulu saya pernah menderitabsinusitis, tapimsudah lama tdk pernah kambuh. Jika rasa nyeri ini datang, badan rasanya panas, kadang mual. Pada saat menstruai juga sering seperti ini. Sakit kepala ini kadang mengganggu, saya harus periksa kemana ya dok?
    Terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, penyebab nyeri kepala mungkin dipicu kelainan mata (visus/tajam penglihatan) atau sinusitis. Namun juga bisa akibat tension headache karena stres, kelelahan, overload.
      Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis mata dan THT untuk evaluasi awal.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  43.  arra
    Doktr,,.. kpla sy sering minggran, dan kaku kuduk, smpe tgan tdk bsa d gerakakn, punggung kaku dan bahu nyeri, vertebra tidak bsa gerakbebas, knp ya dook?
    Sudah kompres panas, tp tdk hilg, ,
    Gmn dok mengatsinya?
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada gangguan saraf yang bersumber dari kelainan di tulang belakang (vertebra). Saran kami sebaiknya lakukan Rofoto (Rontgen foto) tulang, dan kalau perlu MRI serta periksakan diri Anda ke dokter spesialis saraf.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  44.  arra
    Doktr,,.. kpla sy sering minggran, dan kaku kuduk, smpe tgan tdk bsa d gerakakn, punggung kaku dan bahu nyeri, vertebra tidak bsa gerakbebas, knp ya dook?
    Sudah kompres panas, tp tdk hilg, ,
    Gmn dok mengatsinya?
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada gangguan saraf yang bersumber dari kelainan di tulang belakang (vertebra). Saran kami sebaiknya lakukan Rofoto (Rontgen foto) tulang, dan kalau perlu MRI serta periksakan diri Anda ke dokter spesialis saraf.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  45.  Fitri
    Dok, saya punya migren dan veertigo. Pada saat beban kerja berat migren pasti kambuh, vertigonya sudah jarang kembbuh. Akhir-akhir ini sakit kepala yang saya rasakan tambah berat dan disertai sakit pada telinga sebelah kanan dan kulit wajah sebelah kanan jika di sentuh terasa kesemutan…yang saya tanyakan :
    1. Apa migren saya yang menyebabkan sakit pada telinga saya ato sebaliknya
    2. Jika mau periksan ke dokter THT ato syaraf, karena bersamaan dengan sakit itu kulit wajah saya kok juga aneh.
    Saya tunggu dok…dan terimakasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Migrain dan vertigonya mungkin bersumber dari kelainan di telinga, namun bisa juga merupakan 2 penyakit yang terpisah. Untuk memastikan sebaiknya periksakan diri ke dokter spesialis THT dulu, dan kalau semua normal baru lanjutkan ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  46.  vina
    Dok umur sya 28th, sya sering skt kpla.waktu umur 23thn sya ngk thn kena pnas.klo kna pns pasti skt lg.sya jgn sdh tdr waktu itu.pernh umur 27thn sya skt kpla sampe masuk IGD kr nk thn lg skt nya.sampe pegang kpla trs kyk gelisah.di cek drh kt nya ada infeksi.tp tmn q ngk type infeksi kr ap.saking panik nya.mhn saran nya dok y, sya tkt berbahaya
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi. Paling sering akibat tension headache yaitu karena stres, kecapean, overload, terlambat makan. Penyebab lain bisa akibat hipertensi, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, rdang sinus sekitar hidung (sinusitis) dan tentu saja juga bisa akibat kelainan di otak misalnya infeksi atau tumor.
      Kalau sering kambuh dan semakin parah, maka perlu segera periksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) kepala, CT scan, dan MRI.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  47.  vina
    Sya prhh konsul ke dktr saraf, sampe sya mt CT scan, tp kt dktr nya ngk perlu.tp sy itu rs nya ngk puas klo ngk CT scan.trombosit sya pas masuk IgD itu tinggi bgt, tp lp brpa.sampe mlm itu sya ssh tdr kr menahan skt nya.dia itu sering tiba2 dok skt nya.ini aja mulai lg skt nya
    Reply
  48.  vina
    Klo gejala infeksi di sertai dgn ap biasanya dok.apakah sampe pingsan.msh dok
    Reply
  49.  Sanjaya
    Dok , saya mahasiswa 22 tahun sejak 2 bulan yang lalu kepala saya sakit setelah Headbang ( menggerakkan kepala naik turun ) sakitnya bagian belakang sebelah kiri ,leher juga terasa agak kaku. Kadang” juga pindah di bagian atas ubun” dan di alis.
    Apalagi kalau kelelahan rasanya kepala saya nyeri sebelah dok. Kira” saya terkena penyakit apa dok ???
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin tension headache akibat stres dan overload. Pemicu lain adalah posisi dan lama kerja yang memberatkan urat-otot dan sendi tulang leher.
      Saran kami sebaiknya datangi dan konsultasikan langsung dengan dokter dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) tulang leher untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  50.  selamat pagi dokter. bp saya akhir2 ini sering mengalami sakit mata. karena beliau bekas operasi 10 tahun yg lalu dan bola mata beliau itu di jahit karena bekas kecelakaan. sakit mata beliau itu nyeri nyeri pedih hingga beliau terkadang memejamkan mata sa
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati kemungkinan ada glaukoma atau kelainan di dalam bola mata.
      Saran kami sebaiknya segera periksakan ayah Anda ke dokter spesialis mata untuk evaluasi dan kalau perlu cek tekanan bola mata dengan tonometer.
      Untuk menambah informasi tentang glaukoma, dapat dibaca di artikel: http://dokita.co/blog/glaukoma/
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  51.  nenda wulandari
    sore,
    assalamualaikum wr.wb
    saya umur 19 tahun , saya sudah hampir 3 minggu batuk namun, sering sakit kepala sakit sekali. dan badan lemas, saya pun sering mengalami sakit dipinggang. saat, merasa lelah saya suka mimisan.padahal, tidak sariawan. Terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi dan penangannya juga berbeda sehingga harus dipastikan dulu penyebabnya agar pengobatan lebih akurat dan tuntas.
      Dari data yang disampaikan, ada kemungkinan hipertensi (karena sering mimisan), hipotensi, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, sinusitis, tension headache akibat stres, kelelahan, gangguan sistem pembuluh darah otak. Kalau nyeri kepala berlangsung lama dan semakin hebat, maka harus dicermati juga kemungkinan tumor otak. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi, sekaligus juga untuk pengobatan batuknya.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  52.  lena
    Umur saya 18th, sudah 2 stngh thn saya slalu skit kpla di seluruh bagian kepala, saya juga punya penyakit anemia, keleyengan, badan lemas, sulit tdr, berasa pengen jatoh dan pandangan mata terasa sakit. Kadang saya hanya menyentuh kulit kening saya sudah terasa sakit. Kira-kira itu penyakit apa yah dok?
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat tension headache karena stres, kelelahan, overload. Namun karena sudah berlangsung cukup lama maka harus dicermati penyebab lain, misalnya kelainan visus (tajam penglihatan) mata bahkan tumor otak.
      Saran kami sebaiknya periksakan ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu cek visus mata dan CT scan kepala.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  53.  gusti dewi
    saya mahasiswi usia 18 thn
    saya punya keluhan sakit kepala smjak klas 6SD, skit kpla mulai.muncul stlah sya mngikuti bnyak kgiatan yg brhub dngan bola dan sering trkena bnturan keras, smpai sekrng skit kpla sya tdak knjung brkurang, stiap hari mulai sya bngun tdur smpai mlam skit.a trus trasa. Trutama d bagian tengah smpai blkang kpla. Biasa.a d iringi rasa mual n smpai pingsan.
    Kira” it jenis kpla.ap ya dok? Mhon bntuan. Krna smpai skrng sy tdak brani periksa lngsung k dokter ahli.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah menggunakan Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada masalah di rongga kepala yang bersumber dari perdarahan akibat trauma kepala yang berulang. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu CT Scan atau MRI kepala, jangan ditunda!
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  54.  shendy prico
    saya mau tanya kepala pusing disertai hidung mengeluarkan darah(mimisan) itu penyakit apa ya dok?padahal saya sudah pergi ke dokter dan meminum resep dari dokter tersebut tapi belum juga ada perubahan
    mohon penjelesan dari dokter dan disertai penanganannya
    Salam Sehat Selalu
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Mimisan disertai pusing sangat mungkin akibat hipertensi. Namun tetap harus dicermati penyebab lain seperti adanya luka di rongga hidung, sinusitis, gangguan sistem pembekuan darah bahkan proses keganasan di hidung. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis THT untuk evalausi dan kalau perlu cek laboratorium.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  55.  Dede
    Siang Dok….
    Sudah 4 hari sy merasa sakit di kepala bag kiri ke belakang sampai belakang kuping dan leher… Itu sakit nya tidak berdenyut, tp kl kepala di gerakin baru kerasa seperri otot ketarik dr kepala bag kiri ke leher.. Sy sudah ke dokter, tensi darah sy 120/80, cholesterol 120, cuman asam urat sy 8,4. Sy di kasih obat zyloric aja bt asam urat nya. Tp sakit otot di kepala msh kerasa. Kl ambil sesuatu di lantai (bongkok) nah sakit nya kerasa banget… Mohon kira nya sakit apa ya… Thanks dok…. O ya umur sy 41 th/laki laki
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Pemicu nyeri di leher bisa bersumber dari urat-otot, sendi-tulang, gangguan saraf atau ada kelainan di telinga (radang menahun) sehingga perlu dipastikan dahulu penyebabnya agar mendapatkan penanganan yang tepat.
      Saran kami sebaiknya periksa ulang dengan dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) tulang leher atau periksa ke dokter spesialis THT / Saraf.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  56.  ryza
    Mlm dok
    Saya 21 thn, saat beberapa hari ini, menderita sakit kepala, bagian depan, tangah dan belakang terutama belakang yang nyerinya lebih sakit dan itu sudah hampir 6 hari dok, waktu awalnya saya demmam tinggi, tensi darah di 130/90, dan saat ini pun saya sdang merasakan sakit2nya dok, dan slama skit kepala saya ini di barengi dengan mata seperti berat, ( memeng saya -4)leher kaku, tulang belakangpun ngilu, smpe seluruh badan dan tulang saya ngilu semua dok,tenggokanpun jga ikut sakit, susah tidur di malam hari pendengaran saya agak berkurang jga. Penyakit apa Æ”∂и̲̮̣̥̅̊Ǧ̩̥ sya derita dok? Tks
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan sangat mungkin pemicunya adalah radang/infeksi di tengorokan yang telah meluas ke organ sekitar seperti telinga, hidung dan sebagainya. Saran kami segera periksa ke dokter untuk evaluasi agar mendapat obat yang akurat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  57.  uli
    assalamualaikum, dok, perkenalkan saya atas nama uli berumur 15, saya mengalami sakit kepala di bagian kepala .. bukan migran ataupun pusing ataupun sejenisnya itu. Sakit ini apabila terkena sentuhan tangan saya,, rasanya sakitnya melebihi migran atau pusing. Padahal tidak ada benjolan atau memar / luka.. saya pun tidak pernah melukai kepala saya dengan sengaja atau tidak.. bagaimana dok ? sakit apa ini ?
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Saran kami sebaiknya Anda berobat ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih detail dan terarah serta mendapatkan tindakan penanganan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  58.  risca
    pagi dok,,
    saya risca wanita usia 21 thn,, hampir 1 bulan belakangan ini, setiap bangun tidur kepala bagian kiri sakit dan kaku di leher.
    kenapa ya dok..
    apa posisi tidur saya salah??
    tapi kenapa selalu saya rasakan setiap hari..
    mohon konsultasi nya ya dok.
    terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Bisa saja karena posisi tidur atau bantal yang kurang baik menyangga tidur Anda, atau bisa juga karena ruang tidur terlalu dingin AC nya atau karena tension headache akibat terlalu tegang pikirannya. Coba atasi masalah tersebut.
      Jika masih belum teratasi, kami sarankan segera ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pengobatan yang optimal.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  59.  azi
    Dok saya mao tanya.
    Belakangan ini saya sering sakit kepala, dulu sewaktu SD saya pernahh ada benturan di kepala, tepatnya di ubun-ubun. Dan saya juga ada gangguan telinga seperti gendang telinga retak.
    Nah belakangan ini kuping saya selalu berdenging dan gangguan pada pendengaran saya. Dan kepala saya terasa sakit seperti memar di ubun-ubun. Apa kah penyakit salya ini.?
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi. Dari data yang disampaikan perlu dicermati dampak dari radang telinga yang menyebar ke otak (abses) atau efek dari benturan kepala dulu. Saran kami segera periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) telinga (mastoid) dan CT Scan kepala.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  60.  Muhammad Arif
    Selamat pagi dok, saya pelajar umur 15 thn, keluhan saya sbg berikut:
    1. pelipis saya terasa sakit bila mata saya “melirik” ke atas atau kesamping
    2. bila saya rukuk (gerakan dalam sholat) bagian belakang saya juga terasa sakit
    3. disertai demam dan males makan
    saya minta solusinya dok, terimakasih sebelumnya :)
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.Maaf jawaban kami agak lama.
      Kami sarankan sebaiknya Anda periksa ke dokter terdekat untuk evaluasi karena khawatir Anda menderita sakit demam akibat virus dan termasuk diantaranya adalah virus yang menyebabkan demam berdarah.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  61.  iis fitriani
    dulu saya tiap hari sebelum tidur dan setelah bangun tidur langsung melihat cahaya dari hp dan laptop pada saat gelap dan sekarang
    saya sering sakit mata bagian atas rasanya berat dibagian mata,terus kadang sakit kepala sedikit, kalau lihat cahaya dari laptop atau hp kadang ndak mampu nahan sakitnya jadi susah kira-kira penyebabnya apa ya ? dan pengobatanya apa ?
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.Maaf jawaban kami agak lama.
      Mungkin Anda mengalami iritasi dimata Anda akibat sinar/cahaya dari laptop dan hp. Kami sarankan sebaiknya periksakan ke dokter spesialis mata untuk evaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  62.  Sintikhe
    Malam saya berumur 16 tahun dan terkadang saya sering mengalami sakit di bagian alis lalu sakitnya terasa ditusuk-tusuk dan menajalar ke seluruh bagian kepala dg rasa sakit yang sama. Tapi itu sering terjadi, kira-kira apakh ada hal serius mengenai itu? Terima kasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, mungkin ada gangguan visus mata. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis mata untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  63.  alie
    dok saya umur 20☆sakit kepala saat Ï‘¡ buat menelan. rasa sakitnya Ï‘¡ dpan Ï‘¡ atas mata. nyeri banget rasanya. leher saya juga sakit. Ï‘¡ buat nole rasanya nyeri. awalnya saya mengalami radang tenggorokan stela sembu kok kyak gitu dok. saya mengalami ini uda 3 hari. gmana solusinya dok makasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.Maaf jawaban kami agak lama.
      Apakah ada kelenjar getah bening di leher atau bawah dagu Anda yang membengkak yang menimbulkan sakit saat Anda menelan atau menggerakan kepala? Bila ada, sangat mungkin Anda mengalami peradangan di kelenjar getah bening saja.
      Namun untuk memastikan, sebaiknya temui dan konsultasi dengan dokter untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  64.  yohana
    selamat malam..
    saya 40 tahun beberapa bulan ini mengalami pusing hebat sampai 2-3 hari di blkg kepala yg rasanya menekan ke mata dan telinga. Sebelumnya hanya pusing biasa yg bisa ditahan. kata dokter tension headache tapi sering sampai mual dan muntah mata tdk kuat untuk melihat (kelopak mata ingin menutup) dan tidak terpengaruh kondisi/aktivitas tubuh. disaat santai tidak ada pekerjaan/pikiran pusing hebat kadang menyerang. sudah ke dokter mata kondisi baik, tekanan bola mata normal, sudah ke dokter gigi panoramic baik. Sudah ke dokter saraf di cranium AP Lat kemudian CT SCAN brain normal. sudah fisioterapi SWD/MWD,UST dan TENS tidak ada pengaruh. Adakah saran dari dokter? terimakasih…
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, kalau hasil konsultasi pakar dan pemeriksaan penunjang semua yakin normal, maka penyebabnya adalah faktor psikis antara lain: stres. Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter psikiater untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  65.  azkia
    Saya seorang pelajar ,usia saya 17 tahun..
    Saya sering mengalami mata buram,sakit kepala dibelakang yg sangat sakit,dan pusing di mata sebala yang sangat ngilu di mata bagian kiri.. Saya mau periksa ke dokter juga takut ada penyakit serius,
    Itu gejala apa ya? Mohon jawabannya yaa,
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin sumber nyeri berasal dari mata akibat gangguan visus (tajam penglihatan) atau glaukoma. Kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis mata untuk evaluasi.
      Untuk menambah informasi, artikel Dokita mengenai glaukoma : dokita.co/blog/glaukoma/
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  66.  minna
    sakit saya diawali dari hidung yang nyeri yang hebat dan berdenyut kemudian menjalar ke mata , dahi, dan kepala, semuanya sebelah kiri.
    Saya sudah ke tht katanya alergi, kemudian ke dr.syaraf mengatakan migren. Biasanya 6_8 hari baru sembuh setelah minum obat, namun beberapa bln kemudian kambuh lagi.
    Untuk mengobati sakit , kmn lg saya harus periksa . Sebab keterangan tiap dokter selalu berbeda.
    Saya sampai trauma setiap memegang hidung atau dahi takut kambuh.
    Saya mohon sarannya, terimakasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada sinusitis kiri. Saran kami segera periksa ulang ke dokter spesialis THT dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) sinus. Kalau benar sinusitis, maka perlu pengobatan dan pemantauan berkala melalui kerja sama dengan dokter.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  67.  minna
    Selamat pagi,
    Umur saya 34 tahun, sakit sejak 6 th yang lalu
    sakit saya diawali dari hidung yang nyeri yang hebat dan berdenyut kemudian menjalar ke mata , dahi, dan kepala, semuanya sebelah kiri.
    Saya sudah ke tht katanya alergi, kemudian ke dr.syaraf mengatakan migren. Biasanya 6_8 hari baru sembuh setelah minum obat, namun beberapa bln kemudian kambuh lagi.
    Untuk mengobati sakit , kmn lg saya harus periksa . Sebab keterangan tiap dokter selalu berbeda.
    Saya sampai trauma setiap memegang hidung atau dahi takut kambuh.
    Saya mohon sarannya, terimakasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada sinusitis kiri. Saran kami segera periksa ulang ke dokter spesialis THT dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) sinus. Kalau benar sinusitis, maka perlu pengobatan dan pemantauan berkala melalui kerja sama dengan dokter.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  68.  widi
    sy seorang ibu berusia 35.Dua bulan terakhir sy merasakan punggung atas sy terasa panas.sekarang leher dan kepala saya.gejala tersebut hilang dan pergi.dan kalo berada pada suhu dingin bgn2 tubuh tersebut terasa dingin sekali.Tp gejala tersebut tidak disertai demam atau pusing.kira2 sy sakit apa dok?
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Rasa panas di punggung, juga leher dan kepala mungkin bersumber dari gangguan peredaran darah atau gangguan fungsi saraf. Apakah Anda ada diabetes?
      Saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu cek laboratorium dan Rofoto (Rontgen foto) tulang belakang.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  69.  Rahman
    Umur saya 23 thn,Saya mau nanya dok, saya setiap hari mengalami sakit kepala sebelah kiri & mata sebelah kiri. Sudah lama ini terjadi. Penyebabnya apa ya Dok?
    Apa karna tekanan darah saya sangat tinggi?
    Thank.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala bisa akibat hipertensi, migrain, stres dan kelainan mata antara lain: gangguan visus (tajam penglihatan) dan glaukoma. Karena itu kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis mata untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  70.  lia
    Dok, mau nanya..
    Saya berumur 23 tahun..
    Akhir-akhir ini uda hampir seminggu sakit kepala saya ga sembuh2…
    Cuma mereda di pagi hari dan mulai terasa kembali di sore hingga malam hari…
    Nyerinya berdenyut dan berasa mulai dari daerah kening hingga ke bagian kepala belakang dan disertai mual..
    Daerah mata juga berasa agak berdenyut dok..
    Kira2 kenapa ya dok? Disebabkan apa dan bagaimana cara mengatasinya?
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Nyeri kepala memang kompleks penyebabnya sehingga kami tidak bisa secara langsung memastikan apa penyebab sakit kepala Anda. Sakit kepala dapat diakibatkan karena adanya kelainan di organ sekitar kepala, seperti mata, organ THT, gigi bahkan sampai ke organ otak atau sakit kepala bisa juga disebabkan karena tegang/stres.
      Oleh karena itu kami sarankan sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk dievaluasi dan mendapatkan penanganan yang akurat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  71.  widi
    terima kasih atas jawabannya dokter.Berkaitan dengan pertanyaan dokter apakah sy ada diabetes?sy tidak ada riwayat diabetes dok.Sy jg sudah cek gula darah,kolesterol semuanya normal.USG jg sudah dan tidak ada masalah.
    Dokter,rasa panas itu kadang-kadang terasa dingin seperti percikan – percikan hujan gerimis.Apakah itu bs disebut kesemutan dok?menurut dokter ini gejala apa?mohon jawabannya.Terima kasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi.
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, mungkin ada gangguan fungsi sensorik saraf sehingga perlu dicari penyebab/pemicu. Kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis saraf untuk dievaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  72.  widi
    terima kasih atas jawabannya dokter.Berkaitan dengan pertanyaan dokter apakah sy ada diabetes?sy tidak ada riwayat diabetes dok.Sy jg sudah cek gula darah,kolesterol semuanya normal.USG jg sudah dan tidak ada masalah.
    Dokter,rasa panas itu kadang-kadang terasa dingin seperti percikan – percikan hujan gerimis.Apakah itu bs disebut kesemutan dok?menurut dokter ini gejala apa?dan kedokter spesialis apa sy harus konsultasi?
    mohon jawabannya.Terima kasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi.
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, mungkin ada gangguan fungsi sensorik saraf sehingga perlu dicari penyebab/pemicu. Kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis saraf untuk dievaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  73.  Frida
    sya sdh 2 mggu ini sering skit kepala. Biasanya kl skit kepala Sya mnum obat sdh sembuh. Tp ini sdh 2 mggu kok g ad perubahan. Sya sdh periksa tensi darah normal. Di beri obat jg tdak ada efeknya, Sya tetap skit kepalanya…
    Sya skit ap, Dok? n apa yg hrus Sya lakukan untuk menghilangkan skit kepala ini. Mohon sarannya… Trimzzz
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Pemicu sakit kepala sangat bervariasi, bisa akibat migrain, tension headache, hipertensi, gangguan visus (tajam penglihatan), radang sinus bahkan kelainan di saraf – otak. Kalau sakit berlanjut dan semakin hebat, maka kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  74.  ferra
    dok sy perempuan 20 thn, sudah sekitar 3 thn ini sy mengalami sakit kpla sblah bagian kanan, tp sakit kpla itu selalu kambuh pd bulan2 tertentu, dan setiap jam yg sama, trs membaik bahkan tdk pernah kambuh bbrp bulan. setiap malam sy selalu terbangun karena tdk kuat menahan sakitnya yg bbrp hari ini sakitnya ke bagian alis dan mata kanan sy, sampai mata saya terasa ditekan2 dan terasa panas. Skrg sudah seminggu kepala sy sbelah kanan sakit terus, awal kambuh hanya malam hari sj, tp makin kesini jd semakin sering kambuhnya, minum obat migrain pun gk ada hasilnya. Kira2 sakit kpla sy ini knp dok? Tks
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati apakah ada kelainan di mata, misalnya gangguan visus (tajam penglihatan) yang hebat, glaukoma atau kelainan di sinus hidung. Penyebab lainnya bisa hipertensi.
      Kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu konsultasi dengan dokter spesialis mata dan THT serta lakukan Rofoto (Rontgen foto) sinus.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  75.  Frisca
    Dok, saya (22th), sering mengalami pusing hampir tiap hari, saya merasa nyeri d bagian atas kepala dan samping serta sekitar dahi, terutama jika di tekan, saat pusing saya kumat saya merasa mual dan lemas. Yang ingin saya tanyakan apakah pusing saya itu adalah tanda-tanda pusing yg berbahaya atau tidak Dok? Terima kasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat tension headache akibat stres, kelelahan. Namun tetap harus dicermati kemungkinan penyakit lain.
      Kami sarankan, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk dievaluasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  76.  Satya anda
    slamat siang ..
    dok, saya mahassiswi berumur 18 tahun ..
    saya menderita miopi -4 sejak berumur 6 th ..
    akhir2 ini saya merasakan sakit kepala yang agak lain .
    sakit di bagian atas kdg berpindah2 ..
    mual tapi ga smpai muntah .
    penglihatan agak kabur dan kepala rasanya agak berat ..
    rasanya menggangu aktivitas saya sehari-hari
    mohon penerahan tentang penyakit ini dan apa yang harus saya lakukan ??
    terima kasih dok ..
    salam,
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati juga adanya migrain atau tension headache akibat stres dan beban kerja. Namun pemicunya juga mungkin akibat gangguan di mata (visus/tajam penglihatan atau tekanan bola mata yang meninggi).
      Kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis mata untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  77.  Melika Candra
    Selamat sore dok
    nama saya melika umur 12 tahun saya mengalami sakit kepala diatas kepala, dari bangun saya mengalami sakit kepala, rasanya kepala saya mau jatuh, apakah sakit kepala saya memicu salah satu penyakit berbahaya? bagaimana cara mengatasinya? Terima Kasih dok
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa akibat migrain, tension headache dan sebagainya. Namun juga perlu dicari pemicu lain seperti: hipertensi/hipotensi, anemia, kelainan visus (tajam penglihatan), glaukoma, sinusitis bahkan kelainan di otak, misalnya tumor. Kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu CT scan atau MRI kepala.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  78.  Dzalfa Mutia
    Selamat siang dokita.
    mau bertanya nih, saya suka mungkin bisa dikatakan sering sakit kepala sejak 7 tahun silam. nyerinya itu nyut-nyut-an. dan kadang suka tiba-tiba. kalau sudah sakit saya tidak bisa ngapa-ngapain, hanya bisa terbaring tanpa bisa menggerakkan kepala. diagnosis dokter 5tahun silam, saya menderita radang rongga otak. bagaimana cara penyembuhannya yaa dok, sedangkan kalau ct scan kan biayanya lumayan, hehe..
    saya takut, sakit kepala ini serius.
    terimakasih,
    Salam
    Dzalfa
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Kalau ada dugaan nyeri bersumber dari dalam kepala yaitu otak dan jaringan penyokongnya (selaput otak, pembuluh darah dan sebagainya), maka pemeriksaan penunjang seperti Rofoto (Rontgen foto) kepala, CT scan dan MRI tidak bisa dihindari demi ditemukan penyebab pastinya agar penanganan yang dilakukan akurat. Karena semakin lama ditunda, dikhawatirkan proses menjadi lebih parah dan pengelolaannya lebih susah dan lebih mahal kelak.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  79.  arina
    slamat siang dok
    saya sering mengalami sakit kepala diiringi dengan mata kanan saya yang buram beberapa hari ini. Mata kanan saya buram mungkin efek pemakaian softlense. mata saya normal dok, saya pakai softlense hanya saat-saat tertentu saja. untuk mempercantik penampilan . dan sangat jarang saya pakai. dalam sebulan mungkin hanya 4-6 kali saja. terakhir pakai mata kanan saya merah, sejak itu tidak saya pakai lagi
    saya seorang programmer jadi bekerja di hadapan komputer terus. 2 hari yang lalu saya sudah ke dokter mata. dokter tidak menjelaskan apapun kecuali hanya mengindikasi “mata anda mengalami kerusakan”. dan memberika obat
    1. protagent A
    2.Matovit Ax
    ada perubahan sedikit setelah mengkonsumsi obat. penglihatan membaik, namun setelah saya kembali bekerja , kepala saya pusing lagi dan penglihatan buram lagi
    kira2 saya kenapa ya dok ? apa yang harus saya lakukan?
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada gangguan visus (tajam penglihatan) yang dipicu oleh beban kerja mata yang berat, serta situasi lingkungan kerja, lama kerja dan posisi kerja juga ikut berperan. Pemakaian softlens mungkin juga berpengaruh, karena bisa saja menimbulkan alergi atau peradangan.
      Saran kami, coba ubah pola kerja dan lingkungan kerja, seperti cahaya dan sumbernya, arah cahaya, istirahatkan mata setelah beberapa lama menatap layar monitor.
      Kalau tetap tak ada perubahan, maka segera periksa kembali ke dokter spesialis matanya untuk evaluasi lebih lanjut.
      Coba baca artikel berikut untuk menambah informasi: http://dokita.co/blog/top-tips-untuk-mata-sehat/
      http://dokita.co/blog/tips-menjaga-kesehatan-mata/
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  80.  gusty
    Selamat sore Dok.
    Saya laki2 umur 25 tahun, belakangan saya sangat sering sakit kepala, kira2 sudah berlangsung selama 2 minggu, gejala sering timbul pada saat sore hari, bahkan lebih hebt pada saat menjelang magrib, berlangsung hingga malam hari, nyeri terasa hebat dibagian kepala depan hingga ke bagian mata. Apakah itu serius atau tidak Dok, dan mungkin apakah penyebab nya, mohon petunjuk.
    Terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, antara lain: tension headache (karena stres), migrain, akibat hiprtensi (tekanan darah tinggi), sinusitis, kelainan visus (tajam penglihatan) mata atau tekanan bola mata yang tinggi (glaukoma).
      Dari data yang disampaikan, mungkin akibat gangguan di mata atau sinus. Karena itu saran kami sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis THT dan Mata untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  81.  tyo
    selamat siang dok,
    dok mau tanya,kenapa kepala bagian depan dan belakang saya selalu terasa sakit,bila dipakai untuk berpikir atau saat ada masalah. n kepala belakang trasa berat seperti darah menggumpal d kepala. apa itu normal dok????
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat tension headache yang dipicu oleh stres, overload dsan sebagainya. Namun tetap harus dicermati pemicu lain seperti ada hipertensi, gangguan visus (tajam penglihatan) mata dan sebagainya, sehingga perlu periksa ke dokter untuk dievaluasi dan kalau perlu rujuk ke dokter spesialis mata.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  82.  tyaas
    Dok, teman saya kalo bangun tidur sering mimisan, kepala pusing, terus matanya kaya buram sekejap. itu knpa yah dok ?
    sakit apa yah ? parah ? terus pengobatanya gmna ?
    makasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Mimisan bisa terjadi karena gangguan di rongga hidung itu sendiri seperti kelainan pembuluh darah di rongga hidung atau adanya kelainan struktur anatomi hidung, misal septum nasi yang bengkok. Hal ini bisa dideteksi oleh dokter spesialis THT. Namun bisa juga karena sakit tubuh yang lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit hati seperti cirosis hepatitis dan gangguan pembekuan darah. Untuk yang ini Amda harus berobat ke dokter spesialis penyakit dalam.
      Jadi sebaiknya periksa ke dokter spesialis THT dan penyakit dalam untuk dievaluasi. Pengobatannya tentu tergantung dari penyebabnya.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  83.  Risna Puspita Sari
    dok,selama sebulan ini sy mengalami sakit kepala hebat bahkan 3 hari kemarin sy sampai muntah2.mata dan telinga sy jg nyeri..menurut analisa dokter sy sakit apa?perlu sy ceritakan 8 tahun yang lalu sy pernah kecelakaan motor hingga kepala sy terbentur keras..setelah itu sy tidak pernah memeriksakan kondisi kepala sy ke dokter..apa itu yg menyebabkan sakit kepala yg sy alami sekarang.terimakasih dok..
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, antara lain: karena tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan visus (tajam penglihatan) mata, sinusitis, tekanan bola mata (glaukoma), stres, migrain, tension headache, kanker/tumor otak dan sebagainya. Namun dari data yang disampaikan, harus dicermati kemungkinan ada kelainan di dalam kepala/otak sebagai dampak dari trauma kepala yang lalu.
      Saran kami segera periksa ke dokter spesialis saraf untk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) / CT scan / MRI kepala untuk memastikan sumber penyebab dan mendapatkan penanganan yang akurat.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita
      Reply
  84.  Farida
    Malam dok,saya ibu 2 anak usia 29th.akhir2 ini saya merasakan sakit hebat d bagian belakang kepala,kdang kanan,kdang kiri.sakit nya tiba2,seperti kram,panas d bagian dalam kepala.bulan ini 2x kambuh,sakitnya beberapa menit,lalu hilang lagi.ini terjadi bila malam nya kurang tidur dan berfikir terlalu berat,kadang lagi terlelap tidur,tiba2 bangun karena mengalami sesak nafas mendadak.yang ingin saya tanyakan,ini gejala penyakit apa,dan saya harus berobat ke dokter apa ? Mohon penjelasan nya,sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, kemungkinan Anda menderita tension headache yaitu sakit kepala akibat kurang istirahat, stres, dan lain-lain.
      Saran kami Anda harus berobat ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi.
      Coba baca juga artikel Dokita berikut: http://dokita.co/blog/tension-headache/
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  85.  Farida
    Malam dok,saya ibu 2 anak usia 29th.akhir2 ini saya merasakan sakit hebat d bagian belakang kepala,kdang kanan,kdang kiri.sakit nya tiba2,seperti kram,panas d bagian dalam kepala.bulan ini 2x kambuh,sakitnya beberapa menit,lalu hilang lagi.ini terjadi bila malam nya kurang tidur dan berfikir terlalu berat,kadang lagi terlelap tidur,tiba2 bangun karena mengalami sesak nafas mendadak.yang ingin saya tanyakan,ini gejala penyakit apa,dan saya harus berobat ke dokter apa ? Mohon penjelasan nya,sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, kemungkinan Anda menderita tension headache yaitu sakit kepala akibat kurang istirahat, stres, dan lain-lain.
      Saran kami Anda harus berobat ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi.
      Coba baca juga artikel Dokita berikut: http://dokita.co/blog/tension-headache/
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Senang rasanya artikel Sakit Kepala dan Gejalanya dapat memberikan informasi bagi Anda.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  86.  handoko
    selamat malam dok, saya seorang pria usia 36 thn, sudah 1 minggu ini saya mengalami sakit kepala di bagian kiri belakang kepala dan leher sebelah kiri agak kaku, saya sudah minum obat pereda nyeri tapi tetap aja nggak sembuh,pusingnya berasa berat bila waktu malam dok,bila pagi sampai sore buat bekerja nggak begitu berasa sakitnya, mohon pencerahannnya dok
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Sakit kepala bisa bermacam-macam penyebabnya, mulai dari adanya masalah di organ-organ yang berada di sekitar kepala seperti gigi, mata, organ THT, gangguan di tulang leher, bisa juga karena terlambat makan, stres, kena paparan sinar matahari terlalu lama, udara terlalu dingin hingga adanya penyakit seperti tekanan darah tinggi, kadar lemak darah yang tinggi, sakit thypus dan sebagainya.
      Coba kaji satu persatu, kira-kira apa yang menjadi penyebabnya. Untuk kepastian dan karena sudah berlangsung agak lama, saran kami sebaiknya segera berobat ke dokter untuk dievaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  87.  Mike
    Halo dok, saya ingin bertanya dok pacar saya sering sekali sakit kepala, biasanya sakit di seluruh bagian kepala dok. Dia sudah sering sakit kepala dari umur 13 tahun dok atau kurang lebih kelas 1 smp dok. Dulu dia sudah pernah dibawa ke beberapa dokter spesialis internist di bandung dok, bahkan sudah di mri dan scan dan sebagainya dok, namun tidak terdapat apa apa kata dokter spesialis internist tersebut. Saya bingung dok jadi saya harus membawa pacar saya ke dokter mana sebaiknya dok? Apa butuh saya bawa ke dokter spesialis saraf dok? Kalau memang benar harus dibawa ke dokter spesialis saraf, dimana referensi dokter bagus yang bisa saya datangi dok? Terima kasih banyak ya dok. Mohon bantuannya
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Pemicu sakit kepala sangat bervariasi. Coba baca kembali artikel Dokita diatas.
      Yang paling sering adalah tension headache akibat stres, kelelahan, overload dan sebagainya.
      Kalau sudah dilakukan CT scan dan MRI kepala dan diyakinkan tidak ada kelainan di otak/organ sekitar kepala, maka sangat mungkin pemicunya adalah faktor psikis. Saran kami coba periksa ke psikiater untuk evaluasi.
      Maaf, saat ini kami belum bisa memberikan rekomendasi dokter spesialis saraf di kota Anda.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
  88.  Arif
    Dok,
    saya selama seminggu ini setiap pagi (antara jam 5 – 8 pagi) mengalami gejala nyeri di kepala sebelah kanan juga di sekitar pelipis mata bagian kanan. Saya ke dokter umum dan pertama kali diberi parasetamol dan antibiotika. Kemudian saya periksa lagi ke dokter yg berbeda, didiagnosis sebagai gejala vertigo dan diberi obat vertigo + parasetamol. Selama pengobatan tersebut kondisi saya agak membaik, namun pada hari ke 7 kembali berasa nyeri sekali – lebih nyeri dr yg awal -di sekitar pelipis tersebut, namun tidak terlalu nyeri di kepala. Kira-kira diagnosis dan saran dari dokter bagaimana? Terima kasih.
    Salam,
    Arif
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin akibat migrain. Namun perlu dicermati pemicu lain seperti gangguan visus (tajam penglihatan) mata, hipertensi dan sebagainya. Coba baca juga artikel:http://dokita.co/blog/tag/migrain/
      Kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi ulang dan kalau perlu rujuk ke dokter spesialis mata.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Kunjungi juga Dokita Store di http://dokita.co/store/
      Reply
  89.  chyntia
    dok, saya hampir setiap hari sakit kepala, dari sekitar jam 9 10 siang bisa hingga malam hari, atau bahkan hingga bangun tidur. ketika bangun tidur saya lumayan sering sakit kepala, makin hari sakitnya makin sakit dari biasanya. apakah penyebab nya sakit kepala seperti ini dok? bahkan tadi pagi ketika saya bangun tidur sakit kepala saya benar-benar sakit beda dengan biasanya. terimakasih dok :)
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala bervariasi, bisa karena hipertensi (tekanan darah tinggi), gangguan visus (tajam penglihatan) mata, ada sinusitis, stres, kelelahan, ada kanker/tumor otak dan sebagainya.
      Karena berlangsung hampir setiap hari dan sakitnya semakin bertambah, maka kami sarankan segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rofoto (Rontgen foto) kepala, CT Scan, MRI Kepala dan pemeriksaan penunjang lainnya. Sebaiknya jangan ditunda.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Kunjungi juga Dokita Store di http://dokita.co/store/
      Reply
          •  chyntia
            dok, saya baru menyadari ternyata sakit kepala saya terasa setiap bulannya ketika saya sedang menstruasi, sakitnya berlangsung selama saya menstruasi tanpa ada sembuh atau tak ada hentinya sedikitpun selama 3 hari atau lebih dari 3 hari, meskipun saya telah minum obat tetapi sakitnya tidak hilang, dulu ketika saya minum obat sakitnya hilang tapi tidak untuk sekarng2 ini dok. sakitnya akan sangat terasa sakit sekali ketika saya bangun tidur dan dimalam harinya. setiap hari saya juga sering merasakan kepala saya berdenyut seperti jantung dok. kira-2 itu gejala apa ya dok.. jika itu gejala sesuatu bisakah dikter memberikan saya beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan gejala saya ini dok, terima kasih untuk waktunya dok :)
          •  admin
            Selamat Siang,
            Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
            Sepertinya Anda terkena migrain dan ini sering timbul seiring hadirnya haid. Saran kami, coba istirahat yang cukup, hindari makanan yang manis-manis, coklat, keju. Biasanya dengan obat biasa sudah mampu berkurang, tapi lambat laun dibutuhkan dosis obat penahan sakit yang lebih besar. Jadi kalau bisa, sebaiknya tanpa obat dengan lakukan saja istirahat yang cukup. Nanti pada saat menopause, akan berkurang frekuensi nyerinya.
            Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di:https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
            Terima kasih
            Salam Sehat Selalu,
            Tim Dokita.
            Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
  90.  yuni
    Selamat siang, Dok. Sdh 4 hari ini, anak laki-laki saya yang berusia 15 th sering sakit kepala. Kt’a kalau sakit’a datang, badan suka lemes, leher pegal, terkadang matanya berkunang-kunang. Kira-kira kenapa dengan anak saya ya, Dok? Apakah karena br sembuh dari sakit tipes yang belum lama ini dideritanya? Atau karena menurunkan sakit kepala yang dulu pernah saya alami sampai badan saya tidak bisa digerakkan? Mohon jawabannya, Dok. Terima kasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, mungkin akibat anemia atau kondisi fisik yang masih lemah pasca sakit sebelumnya. Namun perlu dicermati juga kemungkinan ada gangguan visus (tajam penglihatan) mata, hipotensi dan lain-lain. Kalau berlanjut dan makih berat maka sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Reply
      •  Yuni
        Selamat sore, Dok. Baiknya saya periksa ke dokter apa anak saya ya, Dok? Terima kasih
        Reply
        •  admin
          Selamat Siang,
          Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
          Periksa ke dokter spesialis anak dulu untuk evaluasi dan kalau perlu baru rujuk ke dokter spesialis saraf dan pakar lain.
          Salam Sehat Selalu,
          Tim Dokita.
          Kunjungi juga Dokita Store di http://dokita.co/store/
          Reply
  91.  ifan
    dok, ayah saya berumur 52 thn, , dan sudah 2 bulan ini sering merasakan kepalanya terasa panas dari dalam , namun kalau disentuh tangan kepala itu sebenarnya tidak panas, itu kenapa ya dok???
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, kemungkinan awal gejala sakit kepala akibat kelelahan atau stres. Karena sudah berlangsung agak lama, kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  92.  fafa
    assalamualaikum .selamat pagi dokter,
    dok, saya ada masalah sama bagian kepala saya terutama di sekitar mata mendekati tulang hidung dan mendekati dahi . rasanya sakit dan terus menerus dari hari ke hari ,dan rasa sakitnya terkadang ringan dan tiba-tiba terasa sangat sakit. Dan kalau bangun pagi setelah tidur bangun rasanya pusing.
    kira2 sy sakit apa ya dok ,dan tolong solusinya ya dok . Terimakasih banyak dok
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, perlu dicermati kemungkinan ada sinusitis atau glaukoma. Pemicu lain adalah tension headache akibat stres atau overload. Saran kami, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu Rofoto (Rontgen foto) sinus dan rujuk ke dokter spesialis THT dan dokter spesialis mata.
      Coba baca artikel Dokita berikut untuk menambah informasi mengenai glaukoma dan sinusitis:http://dokita.co/blog/glaukoma/ dan http://dokita.co/blog/apakah-sinusitis/
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  93.  aep saepuloh
    Sore dok. Terima kasih atas semua jawaban yang akan dok jawab buat saya. Begini dok, kenapa kepala bagian belakang saya selalu merasakan rasa sakit yang lumayan apabila :
    1. Kepala bagian belakang disandarkan pada bantal, sofa (padahal bantal dan sofa itu kan empuk), ya apalagi kalau ketika tiduran terlentang di lantai tanpa sandaran, itu saya sudah tidak bisa dok, karena sakitnya luar biasa.
    2. Ketika saya banyak pikiran tiba2 rasa sakit itu suka datang
    3. Ketika saya sedang mengalami sakit gigi, sakit kepala itu juga selalu mengirinya
    O iya dok saya adalah perokok dan minum kopi, apakah itu juga merupakan penyebabnya? Terima kasih seribu terima kasih atas jawabannya yang sungguh pasti akan sangat membantu buat saya. Sukses slalu.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Penyebab sakit kepala bervariasi dan seringkali berhubungan dengan organ-organ yang ada disekitar kepala, sehingga bisa saja mata, Telinga, hidung, tenggorokan, gigi yang sakit bisa menimbulkan sakit kepala. Kalau sakit sampai ke belakang kepala, bisa juga kaerna sakit kepala tegang (Tension Headache) akibat stres, tegang. Faktor lainnya bisa karena terlambat makan, terkena udara terlalu panas, terlalu dingin, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, anemia, ada sinusitis, tumor otak dan lain-lain.
      Coba kaji satu persatu, kira-kira apa yang menjadi penyebabnya. Penanganan yang akurat tentu tergantung dari penyebabnya.
      Untuk kepastian apa penyebab sakit kepalanya dan jika semakin sering nyeri, kami sarankan Anda berobat ke dokter spesialis saraf dan bila perlu mungkin akan disarankan untuk melakukan CT Scan dan MRI kepala.
      Coba baca artikel Dokita tentang sakit kepala di: http://dokita.co/blog/tag/sakit-kepala
      Untuk mempermudah tanya jawab seputar masalah kesehatan, sebaiknya bertanya menggunakan aplikasi Android Dokita yang dapat di download di:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  94.  Tari
    malam dok,saya mau tanya kenapa ya dok kalau mata sakit seperti ketusuk di ikutin dengan rasa kepala yang sakit di bagian tengah kepala dan bagian kepala belakang,keringat dingin dan badan lemas dan rasa sakitnya itu dari yang ringan,sedang,dan semakin sakitnya parah dan kalau kena angin itu badanya jadi makain dingin kayak es dan tidurnya pun saya harus tidak pakai bantal biar rasa sakitnya hilang.kira-kira itu kenapa ya dok?mohon solusinya dok,terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari keluhan Anda saja, sulit bagi kami untuk memastikan apa penyebab sakit kepala Anda. Karena penyebab sakit kepala sangat bervariasi, dan kami masih perlu banyak data seperti hasil pemeriksaan dari bagian mata apakah ada gangguan ketajaman penglihatan, dari bagian THT apakah Anda menderita sinusitis atau tidak, atau ada darah tinggi atau tidak dan sebagainya.
      Karena perlu data-data tersebut, kami sarankan Anda periksa ke dokter spesialis saraf dulu untuk diperiksa fisiknya dan bila perlu lakukan cek darah untuk periksa kadar lemak darahnya.
      Coba baca artikel Dokita berikut untuk menambah informasi: http://dokita.co/blog/tag/sakit-kepala/
      Untuk mempermudah tanya jawab seputar masalah kesehatan, sebaiknya bertanya menggunakan aplikasi Android Dokita yang dapat di download di:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  95.  SATRIAWAN
    asalamualaikum dok, sekitar punggung dan lengan kanan saya sering sekali panas, ampek dan nafas pendek, kadang suara mengecil dan berat kenapa ya dok? gejala ini awalnya 6 bulan lalu karna kecapekan banyak kerja’an dan kurang tidur. pagi harinya lubang telinga kanan saya menciut seperti tertarik dan kepala sebelah kiri sakit yg luar biasa, dan saya tidak bisa tidur selama 3 hari karna pusing, apa ada hubunganya dengan gangguan syaraf? saya pernah periksa ke dokter dan di kasih resep sama di suruh kompes pake air hangat, tapi tidak ada hasilnya, lalu saya mengabaikan saja sampai sekarang , kalau tanya ke teman2 saya yg tau medis, paling jawabnya, mungkin kecapekan, strees, padahal saya tidak ada masalah atau beban apapun, saya manager di sebuah showroom dok, dan ini sangat menganggu aktivitas saya
    sekiranya ada saran dan solusi dok,
    Trimakasih..
    Reply
    •  admin
      Selamat Malam,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Dari data yang disampaikan, memang perlu dicermati apakah ada gangguan di sistem saraf, baik bersumber dari tulang belakang (rasa tak nyaman di punggung dan lengan) maupun di kepala (sakit kepala yang hebat). Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan Rofoto (Rontgen foto) tulang belakang, CT scan dan MRI kepala.
      Untuk mempermudah tanya jawab seputar masalah kesehatan, sebaiknya bertanya menggunakan aplikasi Android Dokita yang dapat di download di:
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  96.  diza
    selamat malam
    dok saya mau tanya,bagian belakang kepala saya yang sebelah kiri sudah 4 hari suka sakit dan sakitnya itu selalu berlanjut,rasa sakitnya itu seperti sedang di jambak rambutnya.kira kira itu karena apa ya dok mohon di jawab
    mohon maaf jika kata katanya berbelit belit.
    terimakasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin adalah tension headache akibat stres atau beban kerja. Coba baca kembali artikel Dokita tentang sakit kepala diatas.
      Namun tetap perlu cermati kemungkinan penyebab lain. Kalau sering kambuh dan makin parah, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi.
      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  97.  chyntia nw
    siang dok, skrng saya berumur 17 tahun. saya sering merasakan kepala saya berdenyut seperti jantung. saya selalu merasakan sakit kepala yang hebat ketika saya menstruasi. sakitnya bisa berlangsung selama 3 hari atau lebih tanpa ada hentinya, meskipun saya sudah minum obat. biasanya kalo saya sudah minum obat sakitnya berkurang meskipun hanya menghilang sebentar lalu sakit lagi. tapi makin kesini meskipun saya minum obat terkadang tidak berpengaruh sedikitpun, sakitnya akan makin sakit ketika malam bahkan ketika bangun tidur dipagi hari. dan saya sekrng makin pelupa dok. saya juga sering merasa lemah ketika bangun dari tidur mau tidur siang ataupun bangun tidur pagi hari, meskipun saya tidk dari melakukan pekerjaan berat.
    kira-kira apakah kesehatan saya terganggu, dan mengapa demikian dok?
    jika iya kira-kira saya mengapa, bisakah dokter memberikan saya beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan gejala yang saya alami. terima kasih atas waktu membacanya dok, mohon jawabannya :)
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa karena tekanan darah (hipotensi, hipertensi), migrain, tension headache akibat stres atau kelelahan, gangguan mata dan sebagainya. Coba baca kembali artikel Sakit Kepala diatas.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin Anda menderita migrain, yang pemicunya antara lain: haid, stres, kelelahan dan sebagainya, sehingga perlu penanganan dan pemantauan berkala oleh dokter. Walaupun begitu, tetap perlu cermati apakah ada pemicu lain seperti hipertensi, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, glaukoma, sinusitis dan sebagainya.
      Untuk kepastian, kami sarankan sebaiknya segera periksa ke dokter untuk evaluasi langsung dan kalau perlu rujuk ke dokter spesials Mata dan dokter spesialis THT.
      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  98.  Tri
    Siang dok,
    Saya maw tanya dok, keluhan ibu saya setiap hari sakit kepala,sakit kepalanya timbul setiap bangun tidur. sakit kepala sampai bikin lemas dan mual. setiap sakit kepala ibu saya selalu mengkonsumsi obat penghilang sakit,dan menurut saya tidak bagus utk minum obat itu trs. umur ibu saya 50an. bagaimana solusinya dok?trimakasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita. Maaf jawaban kami agak lama.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa karena tekanan darah (hipotensi atau hipertensi), anemia, migran, tension headache akibat stres, kelelahan, atau gangguan visus (tajam penglihatan) mata, glaukoma, atau ada kanker/tumor otak dan sebagainya. Coba baca kembali artikel Sakit Kepala diatas.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin ada migrain akibat stres. Namun kalau kondisi makin parah, maka harus cermati kemungkinan ada kelainan di dalam otak, antara lain: Tumor. Kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu MRI kepala.
      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  99.  Al
    Selamat Siang Dok,
    Jika saya terlambat makan mengalami sakit kepala bagian depan, diikuti hidung mengeluarkan cairan dan rasa mual ingin muntah, kadang kepala juga diikuti terasa sakit di sebelah kiri. Kejadian ini sudah terjadi setahunan.
    Sebelum nya hal ini belum pernah terjadi, biasanya jika terlambat makan kepala yang terasa sakit di bagian sebelah belakang saja.
    Kenapa ya Dok, Apakah ini berbahaya?
    Apakah bisa di sembuhkan?
    Saya khawatir ada pengaruh thp kemampuan organ-organ lain tubuh saya untuk jangka panjang.
    Terima kasih atas informasi dan sarannya.
    Al
    (30 thn an)
    Reply
  100.  Fadli
    sore dok,
    kemarin sore saya mengalami benturan keras dikepala bagian atas, setelah kejadian keluar darah dari hidung sebelah kanan saya, tidak ada muntah, dan saat mengeluarkan ludah jg terdapat gumpalan darah, langsung saya bawa ke dokter kmudian dikasih obt tuk mnghntikan pendarahan dll ktny, nah sekarang otot leher saya kaku dok,, apakah berbahaya? trus gmn solusiny dok, apakah tunggu bbrapa hari dlu?
    Reply
  101.  nina
    selamat malam dok,
    dok saya nina 18th kenapa ya dok setiap hari kepala saya pusing disertai lemas, panas dingin, dan mata buram biasanya terasa sakit pada sore hari menjelang malam smpai malam hari dan sakitnya berpindah-pindah.saya habis sakit lambung dan sudah periksa ke dokter spesialis pnyakit dalam dan sudah cek ke laboratorium dan hasilnya baik-baik saja.
    jadi apa ya dok pnyebab sakit kapala saya..mohon dijelaskan,,??
    ,terimakasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa akibat hipertensi, anemia, migrain, sinusitis, tension headache akibat stres, kelelahan dan sebagainya. Coba baca kembali artikel Dokita diatas.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin adalah tension headache akibat stres atau kelelahan. Kalau makin parah, perlu cermati ada gangguan di dalam otak. Kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu MRI otak.
      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  102.  nina
    selamat malam dok,
    dok saya nina 18th kenapa ya dok setiap hari kepala saya pusing disertai lemas, panas dingin, dan mata buram dan terkadang hidung tersumbat tapi tidak pilek biasanya terasa sakit pada sore hari menjelang malam smpai malam hari dan sakitnya berpindah-pindah.saya habis sakit lambung 2bulan dan sudah periksa ke dokter spesialis pnyakit dalam dan sudah cek ke laboratorium dan hasilnya baik-baik saja.
    jadi apa ya dok pnyebab sakit kapala saya..mohon dijelaskan,,??
    ,terimakasih.
    Reply
    •  admin
      Selamat Pagi,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa akibat hipertensi, anemia, migrain, sinusitis, tension headache akibat stres, kelelahan dan sebagainya. Coba baca kembali artikel Dokita diatas.
      Dari data yang disampaikan, sangat mungkin adalah tension headache akibat stres atau kelelahan. Kalau makin parah, perlu cermati ada gangguan di dalam otak. Kami sarankan sebaiknya periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu MRI otak.
      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  103.  mey
    selamat siang dok,
    saya berusia 22th,saya mengalami sakit kepala di bagian ubun-ubun,sanking sakit nya,saat dipegang kerasa ngilu,kadang sampai ke mata dan kerahang dan gigi,hingga saya tak mampu menahan nya.sbelumnya saya ada mengalami kcelakaan tahun 2009,dari situlah saya mulai mengalami sakit kepala yang sangat hebat,sehingga saya kerap sekali mencabuti rambut saya,dan 1thun yang lalu saya mencoba melakukan CT scan,tapi tidak ada masalah apapun.sampai sekarang kepala saya masih sering sakit.sebenarnya gejala apa yang saya alami ini dok,mohon penjelasan nya dok,,
    terima kasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepalansangat bervariasi, antara lain: tension headache akibat stres/kelelahan, atau migrain, gangguan visus (tajam penglihatan) mata dan lain-lain. Namun perlu cermati nyerinya akibat dari sinusitis, glaukoma, hipertensi dan sebagainya. Dampak dari trauma kepala memang juga perlu diwaspadai. Kalau sering kambuh dan makin parah, kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis saraf ulang untuk evaluasi dan kalau perlu MRI otak.
      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  104.  nicky
    hay dok sya mau taxa.knapa sih leher blakang aku uratnya ketarik skit bget smpai ke ubun”.& bgian penis aku juga sama dok sprti itu.mohon di jawab.mksh dok
    Reply
    •  admin
      Selamat Sore,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Dari data yang disampaikan, jika nyeri tengkuk yang hebat seperti itu dan bahkan menjalar nyeri di sekitar penis, sebaiknya Anda segera berobat ke dokter spesialis saraf dan bila perlu lakukan pemeriksaan foto tulang leher atau bila ada sarananya, coba lakukan MRI tulang belakang karena mungkin ada gangguan di tulang belakangnya.
      Maaf, untuk tanya jawab kesehatan Dokita selanjutnya, akan dijawab melalui aplikasi Android kami. Mohon dapat di unduh dan registrasi untuk mengirim pertanyaan di: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.andtechnology.dokterkita
      Terima kasih.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  105.  Nhiea
    Selamat sore admin…
    saya mau tanya kok kepala saya sering sakit yahc..
    tapii anehnya sakitnya itu di bagian depan saja..
    jg kepala saya terasa berat bngtt..
    mohon bantuanya bagaimana cara mengatasinya…
    saya belum pernah bawa ke dokter…
    karena saya pikir biasa2 ajj..
    terima kasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri kepala sangat bervariasi, bisa akibat hipertensi, sinusitis, gangguan visus mata, migrain, kanker otak dan sebagainya. Coba baca kembali artikel Dokita tentang sakit kepala diatas.
      Dari data yang disampaikan, karena nyeri terutama di bagian depan maka mungkin ada gangguan visus (tajam penglihatan) dan kelelahan atau dampak dari sinusitis. Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu rujuk ke dokter spesialis THT dan spesialis mata.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  106.  Agung Lenden
    Selamat sore dok. saya mau bertanya dok, saya mengalami sakit kepala dan rasa nya terasa berat, kurang lebih saya mengalami sudah 6 bulan dok, dan saya kurang tau penyebab nya dok, saya sudah mencoba berobat di bilang ngaruh dari gigi, setelah saya pergi ke poli gigi dan sudah di cabut gigi yg rusak tapi hasilnya masih sama dok.
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri kepala sangat bervariasi. Jadi selain masalah di gigi, bisa juga karena gangguan tekanan darah, anemia, migrain, kanker otak dan lain-lain.
      Paling sering adalah tension headache akibat stres dan overload.
      Coba baca artikel Dokita berikut: http://dokita.co/blog/sakit-kepala-dan-gejalanya/ danhttp://dokita.co/blog/tension-headache/
      Namun, kalau sering kambuh dan makin parah, memang harus cermati ada masalah di dalam kepala.
      Untuk memastikan, kami sarankan periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan MRI kepala.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  107.  devia laras
    selamat siang,,,
    nama saya devia umur 22 thun…
    beberapa minggu trakhir ini saya serng mengalami sakit kepala yang posisi nya kdang berpindah2.. kadang hanya sebelah,,, yang paling sering disebelah kanan atas,,,
    disertai demam yang suka hilang dengan sndrinya,,
    selain itu saya jugha merasa tak yaman dengan penglihatan,, apalagi klo terkena sinar matahari,, sperti ada rasa sakit sebntr,,, dan saya tidak bisa fokus saat melihat sesuat…
    kemudian jugha semua badan terasa lemas dan ngilu kalo disentuh apalagi dipijat,,,
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri kepala sangat bervariasi, misal akibat gangguan tekanan darah (hipertensi/hipotensi), gangguan visus mata, anemia, sinusitis dan lain-lain. Coba baca kembali artikel diatas.
      Kalau disertai demam, nyeri badan, maka perlu cermati ada radang/infeksi sehingga harus dicari sumber penyebabnya. Rasa tak nyaman penglihatan saat terkena sinar mungkin berkaitan dengan gangguan visus (tajam penglihatan) mata.
      Kami sarankan, dan untuk kepastian, sebaiknya periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu cek laboratorium dan rujuk ke dokter spesialis mata.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  108.  sardi
    siang dok,
    akhir2 ini saya sering merasakan sakit kepala di sisi kiri belakang terkadang sampai berhari-hari baru hilang dan rasanya pegal dan kaku membuat kurang nyaman.kira2 faktor penyebab nya kenapa ya ? dan cara mengatasi nya bagaimana, mohon pencerahan dan solusi (mohon maaf jgn langsung di sarankan ke dokter ahli dulu ya :)).
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Nyeri kepala bisa disebabkan banyak hal, diantaranya karena adanya kelainan/ gangguan di organ sekitar kepala seperti mata, gigi, THT. Oleh sebab itu, coba perhatikan dulu organ-organ tersebut apakah ada yang bermasalah? Misal gangguan visus (tajam penglihatan) mata, sinusitis.
      Jika tidak ada, kita beralih ke hal lain seperti ada tidaknya tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, anemia, kadar kolesterol/trigliseride yang tinggi atau kadar Hemoglobin yang terlalu tinggi. Semuanya bisa di cek di laboratorium.
      Jika semua hasil lab normal, maka pemikiran selanjutnya adalah mengarah ke tension headache yaitu nyeri kepala karena ketegangan seperti stress, kelelahan, terkena paparan udara terlalu dingin atau panas, atau telat makan dan lain-lain.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  109.  GITA
    siang dok,
    saya terkadang mengalami sakit kepala yang didahului dengan sakit di sekitar mata,
    kira2 obat apa yang bisa digunakan untuk pengobatan sementara tapi dengan efek samping sangat sedikit.
    terima kasih
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri kepala sangat bervariasi, misal karena gangguan tekanan darah (hipertensi atau hipotensi), anemia, sinusitis, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, migrain, tension headache akibat stres, tumor dan sebagainya. Coba baca artikel Dokita: http://dokita.co/blog/sakit-kepala-dan-gejalanya/
      Dari data yang disampaikan, mungkin ada kaitan dengan glaukoma atau gangguan visus (tajam penglihatan) mata. Untuk memastikan, periksa ke dokter spesialis mata untuk evaluasi dan mendapatkan tindakan penanganan yang tepat.
      Coba baca juga artikel Dokita tentang glaukoma di: http://dokita.co/blog/glaukoma/
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  110.  Alice
    Selamat mlm dok . Saya memang sering menderita sakit kepala ringan maupun yg hebat sekali . Sampai sempat dirawat dan kata dokter penyakitnya hanya febris. Dan akhir akhir ini saya sering merasakan sakit kepala tapi rasa sakitnya ada di bagian alis saya dok . Yang harus saya lakukan apa yaa dok ? Apa harus citiscan ? Atau bagaimana cara pengobatannya ? Terimakasih dok
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab nyeri kepala sangat bervariasi, misal karena gangguan tekanan darah (hipertensi atau hipotensi), anemia, sinusitis, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, migrain, tension headache akibat stres, tumor dan sebagainya.
      Dari data yang disampaikan, perlu cermati ada gangguan visus mata atau glaukoma. Kami sarankan periksa ke dokter spesialis mata untuk evaluasi. Pengobatan yang akurat tentu berbeda, tergantung dari penyebabnya.
      Kalau tetap sering kambuh dan makin parah, memang perlu cermati ada kemungkinan ada gangguan di dalam otak.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan MRI kepala.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  111.  niwie magentha
    Selamat siang dok, saya mau nanya . Mamah saya sering mengalami sakit kepala dok makin hari makin hebat katanya, ditambah ngilu tulang. Ga nafsu makan, keringet dingin, mual masih bsa buat gerak sih dok, tpi klo buat jalan atau kerja langsunglemes .penyakit apa yah dok ?? Makasih dok sebelum nya .
    Reply
    •  admin
      Selamat Siang,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa karena gangguan tekanan darah (hipertensi atau hipotensi), sinusitis, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, tension headache akibat stres/kelelahan, kanker dan sebagainya. Coba baca kembali artikel Dokita diatas dan juga baca: http://dokita.co/blog/migrain-dan-sakit-kepala/
      Dari data yang disampaikan, karena terkesan keluhan makin parah dan disertai gejala umum lain, maka perlu cermati kemungkinan ada kelainan di otak. Untuk memastikan, kami sarankan segera periksa ke dokter spesialis saraf untuk evaluasi dan kalau perlu lakukan MRI kepala.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  112.  Ratna Juwita
    Selamat siang Dok ..
    Saya seorang mahasiswa berusia 18Th ,
    Saya memiliki keluhan sakit kepala ,
    Sakit kepala itu di awali dengan tanda2 sakit pungung dari tulang leher sampai tulang belakang ,sakit kepala ini sangat menganggu aktifitas saya , karna sakit nya berpindah pindah dan terkadang sakit itu sampai ke mata saya dok , sakit nya terasa berdenyut seperti di tusuk tusuk , dan saya sering mengalami mual ,nafsu makan pun menjadi berkurang di karnakan faktor tinggal d asrama yg bermasalah dg makanan , saya telah mengkonsumsi betalgin dan antalgin , obat tsb kadang berfungsi dan kdang tdak sama sekali mghlngkan rasa sakit ! Tolong bantuanya dok terima kasiih
    Reply
    •  admin
      Selamat Malam,
      Terima kasih sudah mengunjungi Dokita.
      Penyebab sakit kepala sangat bervariasi, bisa karena gangguan tekanan darah (hipertensi atau hipotensi), sinusitis, gangguan visus (tajam penglihatan) mata, glaukoma, tension headache akibat stres/kelelahan, migrain, kanker/tumor dan sebagainya. Coba baca artikel Dokita: http://dokita.co/blog/sakit-kepala-dan-gejalanya/
      Dari data yang disampaikan, mungkin tension headache akibat stres atau overload. Namun tetap perlu cermati kemungkinan pemicu lain seperti hipertensi, gangguan visus dan lain-lain.
      Untuk kepastian, kami sarankan periksa ke dokter untuk evaluasi dan kalau perlu rujuk dokter spesialis mata.
      Salam Sehat Selalu,
      Tim Dokita.
      Jangan lupa untuk berbelanja sehat di store kami http://www.dokita.co/store
      Reply
  113.  Haris
    Dok saya mau tanya kenapa seluruh pala saya sangat berat dari tadi pagi sampai malem saya pria umur 42. Obat apa yang harus saya konsumsi, apa ini ada kaitannya sama gejala kanker mohon penjelasannya dok Tks
    Reply

Komentar

 
 
 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan